MotoGP Mandalika

Basarnas Siaga di Dalam dan Luar Lintasan Sirkuit MotoGP Mandalika

Nanang Sigit menuturkan timnya sudah melakukan pembagian jumlah personel untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Baik itu di dalam dan luar sirkuit

Editor: Finneke Wolajan
TRIBUNNEWS.COM/Drajat Sugiri
Kepala Basarnas NTB, Nanang Sigit (tengah) dalam rangka pengecekan simulasi tim medical center dalam penanganan korban di ajang MotoGP Mandalika, Kamis (17/3/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Basarnas siaga di MotoGP Mandalika 2022

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan siap tampil total untuk membantu menyukseskan pagelaran MotoGP Mandalika 

Namun Basarnas NTB tak lantas serta-merta meninggalkan fokus di area luar lintasan.

Kepala Basarnas NTB, Nanang Sigit mengatakan personelnya ditekankan untuk fokus bertugas sesuai tupoksi di event MotoGP Mandalika kali ini.

Nanang Sigit menuturkan timnya sudah melakukan pembagian jumlah personel untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Baik itu di dalam dan luar sirkuit.

"Jadi dari Basarnas NTB menurunkan semua personel untuk membantu ajang MotoGP di Mandalika ini," bukanya kepada Tribunnews, Kamis (17/3/2022) siang WITA.

"Kami menyiapkan personel secara keseluruhan ada 33. Beberapa juga melebur bersama Marshal dan lainnya ada yang terbagi di beberapa pos dalam lintasan."

Terdapat 14 titik yang berada di area lintasan yang akan diisi oleh personel dari Basarnas.

"Ada 14 pos di dalam lintasan dan kami menempatkan personel di beberapa titik tersebut. Selain itu kami juga menempatkan personel lain di setiap gate yang berada di jalan masuk menuju tribun penonton."

Pengeplotan personel Basarnas di setiap pintu masuk menuju sirkuit dilakukan untuk mengantisipasi jika ada hal-hal yang dirasa perlu membutuhkan bantuan.

Namun Nanang Sigit tak ingin fokus saja ke ajang balap MotoGP. Kondisi luar sirkuit juga perlu diperhatikan

"Event ini tak cuma balapan MotoGP saja, namun akan ada juga orang yang melakukan wisata. Jadi kami menyiapkan tim lain yang bertugas di luar sirkuit untuk mengantisipasi beragam kemungkinan," ujarnya menambahkan.

Basarnas bersinergi dengan Medical Center untuk penanganan insiden di area lintasan. Dua helikopter disiapkan Basarnas selama MotoGP Mandalika berlangsung.

Nantinya, jika ada insiden kecelakaan saat balapan, pembalap akan dibawa oleh tim medis dari sirkuit ke medical center.

Apabila dibutuhkan penanganan lebih lanjut, akan dievakuasi melalui jalur udara menggunakan helikopter yang telah disiagakan. 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com 

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved