Berita Bitung

10 Perusahan Sektor Perikanan Bakal Berinvestasi di KEK Kota Bitung

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, kota Bitung menyampaikan perihal investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung

Ist/Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Bitung
Wali kota Bitung Maurits Mantiri saat melakukan pertemuan dengan para investor, PT Membangun Sulut Hebat dan Pihak terkait dari pemkot Bitung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, kota Bitung menyampaikan perihal investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

Menurut Kepala Dinas Penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu Pingkan Sondakh, saat ini ada 18 perusahan yang sedang berproses administrasinya.

Pemerintah kota Bitung, kemudian telah melalukan pertemuan dengan para pelaku usaha industri yang akan berinvestasi.

Kata Pingkan Sondakh, pertemuan itu dihadiri langsung oleh Wali kota Bitung Maurits Mantiri dan Direksi PT Membangun Sulut hebat serta pada Kamis kemarin di riverside and resto Manembo-Nembo.

“Dari 18 perusahaan sedang dalam proses administrasi dan paling siap ada 6 perusahaan.

Ke 18 perusahaan tersebut lebih didominasi oleh perusahaan yang bergerak di sektor perikanan dan cold storage berjumlah 10 pabrik sedangkan lainnya industri beton, logistik, gudang penyimpanan, sabuk kelapa, tepung kelapa, industri karbon aktif, santan kelapa, produksi gas dan distribusi,” kata Pingkan Sondakh Jumat (18/3/2022).

Menurut Pingkah Sondakh, dalam kurun waktu akhir bulan Maret 2022 ini akan dilaksanakan penandatangan perjanjian kerjasama oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey, bersama para pelaku usaha di KEK.

Wali kota Bitung Maurits Mantiri mengatakan, pemerintah akan membuat kebijakan dalam mempermudah investor untuk masuk di KEK.

Terkait dengan kebijakan mempermudah tersebut, Walikota Bitung sudah menyampaikan ke Presiden RI Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Bitung.

“Pemerintah Provinsi Sulut sangat serius terhadap percepatan pembangunan kawasan ekonomi khusus kota Bitung.

Seperti yang sudah pernah di katakan oleh Presiden RI Joko Widodo, bahwa percepatan pembangunan KEK ini sehingga akan menyerap tenaga kerja lokal dan akan meningkatkan perekonomian masyarakat kota Bitung,” jelas Maurits Mantiri dalam pertemuan Kamis kemarin.

Lanjut Maurits Mantiri, pada momentum kedatangan Presiden Jokowi, juga disentil tentang bagaimana mengefektifitaskan kembali Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

Mengacu dari informasi yang disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, kepada Gubernur Olly untuk investor yang hendak berinvestasi di KEK Bitung akan dipermudah.

“Pak Menteri PUPR sampaikan ke pak Gub, investor akan di back up dengan land clearing.

Jadi kalau ada investor akan berinvestasi tinggal sampaikan ke kami, untuk diberikan land clearingnya,” tandasnya.(crz)

Baca juga: Atlet Cantik Bola Voli Asal Minahasa Claudia Yonatan Siap Ikut Porprov Sulut Tahun 2022

Baca juga: Pantas Puput Gugat Cerai Doddy Sudrajat, Besan Faisal Akui Larang sang Istri Bekerja: Fokus ke Anak

Baca juga: Semangat untuk Meraih Kesuksesan, Indri Dayoh Ingin Membuka Lapangan Pekerjaan 

 

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved