Berita Mitra

Curah Hujan Tinggi, Pemkab Mitra Berlakukan Siaga Bencana

Curah hujan tinggi beserta angin kencang saat ini terjadi di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Selasa (8/3/2022).

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: Chintya Rantung
IST
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mitra Jhony Kolinug 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Curah hujan tinggi beserta angin kencang saat ini terjadi di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Selasa (8/3/2022).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mitra Jhony Kolinug mengatakan, cuaca ekstrem ini membuat Pemkab memberlakukan siaga bencana sebagai upaya meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan.

“Berdasarkan pengamatan dan analisis BMKG, periodisasi musim hujan di bulan Februari hingga Maret 2022, masih dengan intensitas tinggi,” ujar Kolinug.

Dia menambahkan, pemberlakukan siaga bencana, sebagai tindaklanjut atas edaran Pemprov Sulut tentang himbauan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem.

Meningkatkan kewaspadaan, jadi hal wajib diperhatikan masyarakat, apalagi yang bermukim di daerah rawan bencana seperti dekat tebing dan bantaran sungai.

“Masyarakat juga diminta agar jangan dulu melakukan aktifitas di daerah rawan bencana, termasuk pengendara kendaraan bermotor agar dapat memperhatikan situasi saat melakukan perjalanan mengingat adanya hembusan angin kencang yang berpotensi menyebabkan pohon tumbang,” tukas Kolinug.

Tentang Mitra

Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) adalah salah satu Kabupaten di antara 15 Kabupaten/Kota (11 Kabupaten dan 4 Kota) yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Ibu kota Kabupaten Minahasa Tenggara adalah Ratahan, berjarak sekitar 80 km dari Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara.

Kabupaten Minahasa Tenggara memiliki 12 kecamatan, 9 kelurahan dan 135 desa (dari total 171 kecamatan, 332 kelurahan dan 1.507 desa di seluruh Sulawesi Utara).

Luas wilayah Minahasa Tenggara adalah 710,83 km².

Saat ini Kabupaten Minahasa Tenggara dipimpin Bupati Mitra James Sumendap dan Wakil Bupati Jesaja Jocke Legi.

Baca juga: Akibat Cuaca Buruk, Penjual Siomay di Pantai Kalasey Minahasa Merugi

Baca juga: Sosok Suzy Cortez Model yang Diusir Dari Apartemen Lantaran Terlalu Cantik, Barangnya Dibuang

Baca juga: Baru Terungkap Kondisi Mayang Setelah Di-bully, Puput Sudrajat Sampai Harus Lakukan Hal ini

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved