Prakiraan Cuaca

Hujan Lebat dan Angin Kencang Selasa 1 Maret 2022, BMKG: 29 Wilayah Berpotensi Cuaca Ekstrem

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Selasa (1/3/2022)

Foto via kabartimurnews.com
Hujan Lebat dan Angin Kencang Selasa 1 Maret 2022, BMKG: 29 Wilayah Berpotensi Cuaca Ekstrem 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Berikut ini peringatan dini cuaca ekstrem BMKG Selasa 1 Maret 2022.

3 wilayah diprediksi berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

BMKG memprediksi 29 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Baca juga: Peringatan Dini Selasa 1 Maret 2022, BMKG: 32 Wilayah Ini Waspada Alami Cuaca Ekstrem

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Selasa (1/3/2022).

Terdapat beberapa daerah yang mendapatkan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG.

BMKG menginformasikan, terdapat Ex-Siklon Tropis ANIKA terpantau di daratan Kimberly, Australia Utara yang bergerak ke arah barat daya dengan tekanan 995 mb dan kecepatan angin maksimum 35 knot.

Diprakirakan intensitas Ex-Siklon Tropis ANIKA akan menguat kembali seiring pergerakannya ke arah barat daya menuju Samudra Hindia utara Australia Barat.

Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin (low level jet) hingga lebih dari 25 knot yang memanjang dari Laut Sawu hingga Australia Barat bagian utara.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang low level jet tersebut.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah, dan di sekitar Maluku Utara yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Samudra Hindia selatan Jawa Barat-Jawa Tengah, dan dari perairan utara Halmahera hingga Sulawesi Utara.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Sumatera Selatan hingga Lampung, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur, Sulawesi bagian tengah, Papua Barat dan Papua serta daerah pertemuan angin (konfluensi) memanjang di Laut Jawa, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Selatan, Sulawesi bagian selatan dan Papua bagian selatan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca juga: Terungkap Alasan Pembangunan Sirkuit Formula E Menggunakan Bambu, Wagub DKI: Perlu Sehemat Mungkin

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Selasa (1/3/2022) besok:

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved