Berita Bitung

Sikap Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bitung Atas Usulan Pembayaran Lahan Stadion Duasudara

DPRD Bitung kembali angka bicara terkait dengan mencuatnya pengusulan anggaran pembayaran lahan Stadion Duasudara.

tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere
Rafika Papente, Ketua Komisi I dan personel fraksi PDI Perjuangan di DPRD Bitung. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID – Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bitung kembali angka bicara terkait dengan mencuatnya pengusulan anggaran pembayaran lahan Stadion Duasudara Manembo-Nembo Bitung.

Hal itu terungkap saat rapat kerja Komisi I DPRD Kota Bitung, dengan mitra kerja Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Dalam rapat itu, dihadapan Komisi I DPRD Bitung, pihak Dispora menyampaikan tentang anggaran masih memiliki utang untuk pembayaran lahan stadion Duasudara.

Sebelumnya sekitar tahun 2020, pemerintah kota Bitung di era kepemimpinan Maximiliaan Jonas Lomban Wali kota Bitung dan Maurits Mantiri Wakil walikota Bitung sempat membayar setengah dari total jumlah pembayaran Rp 10 miliar lebih.

Pasca terkuaknya pembayaran ke pihak pemilik lahan dalam hal ini keluarg mantan orang nomor satu di Provinsi Sulawesi Utara, menuai komplein dari pemilik lahan lainnya yakni Keluarga Luntungan-Rompis.

Puncaknya berlangsung rapat dengar pendapat, antara pihak eksekutif, legislatif, tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) kota Bitung, keluarga Luntungan-Rompis, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bitung, Badan Pertanahan Kota Bitung dan pihak lainnya pada pertengahan tahun 2022 lalu.

Sikap Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bitung terkait ini, sempat di tuangkan dalam resmi kepada pimpinan DPRD Bitung, tertanggal 30 Desember 2020.

Dalam surat yang ditanda tangani Geraldi Mantiri Ketua fraksi PDI Perjuangan Kota Bitung dan Meidy Tuwo sekretaris fraksi, memuat perihal penundaan pembayaran lahan stadion dua sudara.

“Jadi sejak dulu Fraksi PDI-P kota bitung bukan melarang sehingga harus dasar hukum jelas pembayaran stadion.

Jelas disini menunda pembayaran sampai dengan adanya kepastian hukum, terhadap Status tanah,” kata Rafika Papente Ketua Komisi I DPRD Bitung yang juga personil fraksi PDIP yang juga anggota Fraksi PDI Perjuangan, kepada wartawan, Kamis (24/2/2022).

Rafika Papente, juga membenarkan adanya usulan itu rapat kerja baru-baru ini.

Kepala Diapora yang menyampaikan, soal anggaran yang kurang sementara masih ada utang untuk sisa pembayaran lahan stadion.

Kemudian penyampaian kadis, dipertajam oleh teman-teman anggota Dewan, yang bertanya soal kelanjutan pembayaran.

Rafika menganggap usulan itu sebuah hal yang wajar. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved