Zionisme

Apa Itu Zionisme, Gerakan Orang Yahudi yang Miliki Misi Berkumpul di Tanah Air Israel

Zionisme adalah gerakan nasional orang Yahudi dan budaya Yahudi yang mendukung terciptanya sebuah tanah air Yahudi di wilayah

Editor: Rhendi Umar
GETTY IMAGES via BBC Indonesia
Apa Itu Zionisme, Gerakan Orang Yahudi yang Miliki Misi Berkumpul di Tanah Air Israel 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Zionisme adalah gerakan nasional orang Yahudi dan budaya Yahudi yang mendukung terciptanya sebuah tanah air Yahudi di wilayah yang didefinisikan sebagai Tanah Israel.

Para pendukungnya menyebut Zionis adalah gerakan pembebasan nasional untuk pemulangan kelompok sosial-keagamaan yang tersebar setelah ribuan tahun mereka meninggalkan tanah air.

Pembentukan negara Israel pada tanggal 14 Mei 1948 adalah peristiwa yang paling penting dalam sejarah orang Yahudi di masa modern.

Setelah masa pengasingan selama hampir 2000 tahun, bangsa Yahudi kembali ke tanah airnya, daerah yang kecil sekali di Timur Tengah, tempat yang mereka impikan, rindukan dan doakan selama berabad-abad di seluruh penjuru dunia.


Zionisme (Intisari Online)

Jutaan orang Yahudi yang sudah kembali ke Israel sebelum maupun sesudah didirikannya negara Israel, dan orang-orang yang baru saja datang, bukanlah para kolonial yang datang ke tempat jauh dan tak dikenal, namun mereka adalah orang-orang yang kembali ke tanah air mereka, tempat agama, budaya, bahasa dan identitas bangsa berpadu.

Tempat yang menjadikan mereka sebagai bangsa. Sudah lebih dari 3000 tahun tanah Israel adalah kampung halaman bagi orang Yahudi.

Bahkan setelah mereka dideportasi dari tanah mereka oleh Kerajaan Roma setelah pengrusakkan Bait Allah di Yerusalem, sekelompok Yahudi tetap bertahan di tanah ini.

Sebagian besar yang terpaksa keluar, tidak pernah bisa melupakan tanah air mereka, dan mendoakannya untuk berabad-abad agar bisa kembali ke Yerusalem, ke Zion.

Antisemitisme, fenomena kebencian terhadap orang Yahudi dikarenakan agama Yahudi yang berbeda, menyebabkan orang Yahudi selama berabad-abad hidup dalam minoritas, dilemahkan dan dianiaya.

Antisemitisme adalah kebencian, yang sering bergabung dengan aksi kekerasan brutal terhadap orang Yahudi, hanya karena masalah agama dan karena keteguhan hati untuk mempertahankan jalan hidup yang berbeda sebagai kaum minoritas.

Ratusan tahun atas kebencian dan penganiyaan tersebut berpuncak pada satu peristiwa yang paling bersejarah dalam sejarah Israel dan sejarah dunia, the Holocoust.

Pembunuhan orang Yahudi oleh Jerman selama Perang Dunia II, the Shoah, bukan sekedar kasus “pemusnahan sebuah bangsa”.

Saat itu adalah saat pertama kalinya dalam sejarah manusia, pembunuhan besar-besaran atas jutaan manusia dilaksanakan secara sistematik dan terencana.

Halaman
1234
Sumber: TribunnewsWiki
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved