Terkini Nasional

Sosok Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Pangkostrad Pilihan Jenderal Andika Perkasa, Prestasi Memukau

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak akhirnya ditunjuk Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat

Editor: Rhendi Umar
Tribun Timur
Mayjen TNI Maruli Simanjuntak 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mayjen TNI Maruli Simanjuntak akhirnya ditunjuk Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Jenderal Andika pun telah menandatangani Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI melalui Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal TNI Prantara Santosa mengatakan, dari 328 Perwira Tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, 28 di antaranya menjabat di satuan-satuan baru TNI yang telah diamanatkan dalam Perpres Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI, diberitakan Tribunnews sebelumnya.

Maruli Simanjuntak saat menjabat Komandan Korem 074/Warastratama Surakarta
Maruli Simanjuntak saat menjabat Komandan Korem 074/Warastratama Surakarta (DOK. TRIBUNSOLO.COM)

Seperti diketahui, jabatan Pangkostrad sempat kosong kurang lebih selama dua bulan.

Hal ini terjadi setelah Jenderal Dudung Abdurachman dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Profil Mayjen TNI Maruli Simanjuntak

Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, merupakan pria kelahiran 27 Februari 1970.

Dirinya merupakan seorang perwira tinggi TNI-AD yang sejak 23 November 2020 mengemban amanat sebagai Pangdam IX/Udayana.

Maruli, lulusan Akademi Militer 1992 ini berpengalaman dalam Infanteri (Kopassus) dan Detasemen Tempur Cakra, diambil dari Wikipedia.

Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Komandan Paspampres.

Ia juga merupakan menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Jenderal TNI (HOR) Luhut Binsar Panjaitan.

Sementara dikutip dari Tribun-Bali.com, Maruli Simanjuntak sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer IV/Diponegoro (2018).

Juga Wakil Komandan Paspampres (2017), Komandan Resor Militer 074/Warastratama Surakarta (2016) hingga Komandan Grup A Paspampres (2014-2016).

Sebelumnya nama Maruli sudah disebut-disebut potensial untuk menduduki jabatan Pangkostrad.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved