Tips dan Trik

Tak Banyak yang Tahu, Ini Cara Mudah Basmi dan Cegah Pertumbuhan Jamur Saat Musim Hujan

Pada aspek kesehatan, jamur yang tumbuh di area rumah bisa menyebabkan sindrom iritasi usus besar, kelelahan hingga semua jenis sakit kepala.

(SHUTTERSTOCK/POKKO)
Jamur di kamar mandi dalam jumlah besar dapat membahayakan kesehatan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kamar mandi dikenal sebagai ruang tertutup karena kurangnya ventilasi dan area dengan tingginya kelembapan.

Alhasil, tak jarang bila ruang ini berpotensi rentan terhadap jamur.

Biasanya, hama ini muncul di dinding, lantai, atau nat kamar mandi.

Adanya jamur di kamar mandi tentu saja dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti pernapasan dan alergi.

Bahkan dampak buruk hujan dalam beberapa hari berturut-turut adalah munculnya jamur di sudut, dinding, bahkan perabotan rumah.

Baca juga: Cerita Carly Kaunang, Pengusaha Asal Talaud, Bermula dari Jualan Pulsa dengan Modal Rp 5 Juta

Pada aspek kesehatan, jamur yang tumbuh di area rumah bisa menyebabkan sindrom iritasi usus besar, kelelahan hingga semua jenis sakit kepala.

“Singkatnya, semua jenis jamur harus dihindari karena ada kemungkinan menyebabkan efek kesehatan yang parah,” jelas ahli mikologi Dr Heike Neumeister-Kemp, dilansir dari ABC, Kamis (20/1/2022).

Sedangkan pada aspek lain, jamur yang berkembang di permukaan benda dan sudut rumah dapat mengakibatkan kerusakan barang dan tampilan yang tidak sedap dipandang.

Melansir The Spruce, pertumbuhan jamur dimulai dari koloni bubuk abu-abu atau putih yang akan segera berubah warna menjadi hitam atau cokelat jika tidak segera dihilangkan.

Sehingga untuk menguji apakah suatu permukaan benda tertutup oleh jamur atau hanya kotoran, oleskan noda tadi dengan kapas yang dicelupkan ke dalam pemutih klorin.

Apabila noda tersebut memudar dalam waktu dua atau tiga menit, maka noda tadi adalah jamur.

Selain itu, keberadaan jamur juga bisa ditandai dengan bau apek di rumah. Artinya area itu memiliki konsentrasi jamur yang tinggi.

Biasanya terjadi pada daerah lembap, seperti dapur, kamar mandi atau bagian yang terkena kebocoran air hujan.

Tidak hanya itu, bau apek jamur tadi juga bisa berasal dari handuk basah, karpet atau bahkan di permukaan bantal dan guling.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved