Breaking News:

RHK Jumat 14 Januari 2022

RENUNGAN HARIAN KELUARGA 1 Timotius 5:23 - Minum Anggur Sebagai Obat

Memperhatikan kesehatan adalah kewajiban setiap orang. JIka kita mengabaikan atau tidak memperhatikan pentingnnya kesehatan

Editor: Aswin_Lumintang
Istimewa via Kompas.com
Ilustrasi buah anggur 

1 Timotius 5:23
"Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah."
---------------------------------------------

Ilustrasi buah anggur.
Ilustrasi buah anggur. (PIXABAY/PEXELS)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Memperhatikan kesehatan adalah kewajiban setiap orang. JIka kita mengabaikan atau tidak memperhatikan pentingnnya kesehatan, maka yang terjadi adalah sakit. Jika kita hanya sibuk dengan segala pekerjaan kita tanpa memperhatikan kesehatan, maka resikonya akan sangat memperngaruhi pekerjaan itu sendiri.

Rasul Paulus, melihat bahwa temannya Timotius ini sangat rajin tetapi ia mengabaikan kesehatannya, terutama soal makan yang tidak teratur dan tidak disiplin, sehingga pencernaannya terganggu dan tubuhnya sering lemah, sehingga Paulus menasihati dia untuk memperhatikan makanannya supaya ia kuat dalam melayani.

Minum sedikit anggur adalah obat yang dapat membuat adanya selera makan dan meminum sedikit anggur dapat melindungi tubuh dari gangguan pencernaan. Pengertian sedikit tentu artinya tidak banyak sekaligus memberi batasan.

Dalam kehidupan keluarga sejak dulu orang-orang tua juga melakukan hal ini jikalau akan makan. Ada istilah “indonai undam” artinya ambe kamari tu obat, yaitu captikus karena mau makan.

Ukuran yang dipakai oleh orang tua untuk minum captikus di kala akan makan, adalah sloki atau grem, yaitu gelas kecil. Mereka minum satu grem untuk makan, supaya membangkitkan selera makan. Kenapa satu sloki/grem supaya mampu mengendalikan diri. Karena orangtua kita pekerja keras terutama di kebun. Sehingga captikus dianggap sebagai obat jika diminum sedikit.

Tentu akan berbeda kalau sloki/grem telah diganti dengan gelas air minum, sebab pasti berakibat tidak sehat mabuk dan sakit. Jika minum sedikit tentu maksudnya supaya dapat makan banyak karena akan bekerja banyak juga.

Jadi tidak menyalahgunakan kesempatan minum untuk hal-hal yang tidak baik tetapi hal-hal yang baik yakni karena akan bekerja.

Dengan demikian minum anggur/captikus sebagai obat akan turut mengontrol menjaga kesehatan dan itu berarti memberi contoh yang baik bagi siapapun. Jika meminum anggur/captikus melebihi takaran, maka dapat mabuk, membuat keributan dan dapat mempermaluan keluarga. Hal ini tentu harus kita hindari agar kita tetap menjaga nama baik. Amin.

DOA: Ya Tuhan, Engkaulah yang telah memberikan kepada kami tumbuhan yang dapat menghasilkan air anggur bagi kami. Tolonglah kami ya Tuhan supaya tidak menyalahgunakan setiap pemberian-Mu bagi kami, tetapi berkatilah kami supaya mampu mengendalikan diri kami dari hal-hal yang tidak baik. Amin.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved