Breaking News:

RHK Jumat 14 Januari 2022

BACAAN ALKITAB 1 Timotius 5:23 - Anggur, Bukan "Cap Tikus"

Entah berkelakar atau serius, pembacaan firman Tuhan hari ini sering dijadikan sebagai tameng bahkan senjata untuk membela diri

Editor: Aswin_Lumintang
Thinkstockphotos
Ilustrasi minum anggur. 

1 Timotius 5:23
TRIBUNMANADO.CO.ID - Entah berkelakar atau serius, pembacaan firman Tuhan hari ini sering dijadikan sebagai tameng bahkan senjata untuk membela diri bagi pecandu alkohol, maupun pemabuk.

Para "penyuka" Miras (minuman keras), merasa bahwa bacaan firman Tuhan ini adalah pembenaran bahwa Tuhan merestui dan mengizinkan untuk mabuk dan minum alkohol. Apalagi sampai berlebihan.

Sepintas memang kesan pesan firman Tuhan itu adalah pembenaran kepada pemabuk. Padahal sesungguhnya tidak. Bukanlah demikian. Itu pemahaman yang keliru dan sesat.

Ilustrasi Bacaan Alkitab
Ilustrasi Bacaan Alkitab (Tribun Manado/Indra Sudrajat)

Mengapa? Karena anggur yang dimaksudkan di sini, bukan alkohol, tapi obat. Bukan juga untuk mabuk, tapi diminum untuk kesehatan. Tegasnya lagi, meminjam kata orang Manado, "bukan "cap tikus" (minuman beralkohol), tetapi anggur.

Dan, anggur yang dimaksudkan oleh Paulus, bukan wine atau yang mengandung kadar alkohol. Tapi buah anggur. Anggur untuk kesehatan pencernaan Timotius, yang sering mengalami gangguan. Karena memang Paulus sosok hamba Tuhan dan pemimpin yang sangat perhatian dan peduli pada anak buahnya. Dia juga mengenal mereka dengan baik. Termasuk urusan kesehatan Timotius.

Maka demi kesehatan Timotius yang lebih baik, Paulus menasihati dia agar jangan hanya minum air saja, tapi harus minum anggur juga.

Demikian firman Tuhan hari ini.
  "Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah." (ay 23)

Paulus sangat mengenal dan peduli dengan muridnya sekaligus anak saraninya, Timotius. Dia sangat mengasihinya, karena itu demi kesehatan Timotius, dia memintanya untuk minum anggur.

Anggur yang dimaksudkan Paulus di sini bukanlah cap tikus. Tapi buah anggur. Sebab ternyata buah anggur ini memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Hasil penelitian membuktikan bahwa anggur mengandung serat yang pentingnya anggur bagi tubuh manusia, termasuk bagi Timotius. Paulus mengasihi Timotius, karena itu dia mengurusi Paulus sampai hal-hal kesehatan tubuhnya.

Inilah teladan bagi kita. Bahwa jika kita menjadi pelayan, hendaklah jadi pelayan yang sempurna. Bukan hanya berkhotbah dan mengajar tapi juga memerhatikan urusan kesehatan kehidupan pribadi mereka.

Ikutilah teladan Paulus dan kepenurutan atau ketaatan Timotius kepada Paulus, yang dia lakukan seperti untuk Tuhan. Maka demikianlah juga kiranya terjadi atas kita. Jadilah pemimpin yang baik, tetapi jadilah juga sebagai hamba Kristus teladan, yang senantiasa setia dan taat kepada Dia, pusat pelayanan kita. Dia pasti menyertai dan memberkati kita bersama keluarga dalam segala hal sampai selamanya. Amin

DOA: Tuhan Yesus, ajarlah kami terus menjadi hamba yang setia dan taat, serta teladan dalam segala hal, demi kemuliaan nama-Mu. Amin

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved