Breaking News:

Berita Sitaro

Nama Bung Karno Bakal Diabadikan di Bandara Sitaro

Pembangunan Bandar Udara (Bandara) di Kampung Balirangeng Kecamatan Siau Timur Selatan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Ist/Dokumentasi Dinas Kominfo Sitaro
Bandara Siau yang siap diresmikan bakal diberi nama Bandara Bung Karno 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pembangunan Bandar Udara (Bandara) di Kampung Balirangeng Kecamatan Siau Timur Selatan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) telah rampung sejak beberapa tahun lalu.

Kini, infrastruktur transportasi udara yang dibangun dengan anggaran ratusan miliar rupiah itu tinggal menunggu waktu peresmian serta pengoperasian.

Meski sebelumnya, Bandara ini sempat mengalami kerusakan parah di bagian terminal penumpang akibat hantaman cuaca ekstrem di awal tahun 2021 lalu.

Informasi yang diperoleh tribunmanado.co.id, Bandara yang terletak di daerah pesisir pantai Kampung Balirangeng itu akan diresmikan pada awal Februari mendatang.

Sebelum peresmian, Pemerintah Kabupaten Sitaro bersama pihak DPRD telah menyepakati pemberian nama Bung Karno untuk diabadikan pada Bandara Sitaro tersebut.

"Jadi sebelum diresmikan, pemerintah daerah bersama DPRD telah memutuskan untuk pemberian nama Bung Karno pada Bandara Sitaro," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sitaro, Gandawari Mulalinda, Kamis (13/1/2022).

Keputusan pemberian nama Bung Karno itu pun telah mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang langsung melayangkan surat kepada Menteri Perhubungan Republik Indonesia perihal permohonan persetujuan pemberian nama Bandara Sitaro.

Hal mana dalam surat tersebut, Pemprov Sulut mengurai beberapa hal mendasar sehingga nama Bung Karno ditetapkan sebagai nama Bandara Sitaro.

"Pada poin ketiga dalam surat yang diajukan pemerintah provinsi kepada Menteri Perhubungan dijelaskan histori yang menjadi dasar pertimbangan pemberian nama Bung Karno pada Bandara Sitaro," ujar Mulalinda.

"Dimana Proklamator, Soekarno yang juga merupakan Presiden pertama Republik Indonesia pada Tahun 1954 pernah berlayar dan menginap di Pulau Siau," terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved