Breaking News:

Berita Sitaro

Mulai Besok, Seluruh Puskesmas di Sitaro Melayani Vaksin Booster Dosis III

Pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dipastikan bergulir mulai besok, Jumat (14/1/2022)

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian Hermanses/Tribun manado
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, dr Semuel Raule 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dipastikan bergulir mulai besok, Jumat (14/1/2022).

Seluruh Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Sitaro akan melayani setiap masyarakat yang ingin divaksin dosis ketiga.

Pemberian vaksin dosis ketiga ini sebagaimana Surat Edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.02.02/II/252/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, dr Semuel Raule mengatakan, pemberian vaksin dosis ketiga ini diperuntukan bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas, yang telah melakukan vaksinasi primer dosis lengkap.

"Jarak antara vaksin dosis kedua dengan vaksin dosis ketiga ini minimal enam bulan. Makanya bagi masyarakat yang akan melakukan vaksinasi dosis ketiga, wajib membawah KTP dan kartu vaksin dosis kedua," kata Raule, Kamis (13/1/2022).

Dia menerangkan, vaksinasi booster dilakukan melalui dua mekanisme, masing-masing mekanisme Homolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya.

"Sementara mekanisme Heterolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya," beber Raule.

Ia pun berharap, pelaksanaan vaksinasi booster ini bisa berjalan aman dan lancar, sehingga upaya untuk memproteksi masyarakat dari ancaman Covid-19 bisa terwujud.

"Makanya kami mengharapkan peran dari semua pihak untuk mendukung terlaksanannya vaksinasi dosis ketiga ini," ujar Raule sembari menyebut, meski pelayanan bagi masyarakat akan dimulai besok, namun untuk pencanangan baru akan bergulir awal pekan depan.

"Untuk jenis vaksin yang akan digunakan pada booster ini, yakni Astrazeneca dan Sinovac," kuncinya. (HER)

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved