Breaking News:

Berita Sitaro

Melihat Keberadaan Fasilitas Olahraga di Kabupaten Sitaro

Olahraga menjadi salah satu rutinitas penting bagi masyarakat, khususnya di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian Hermanses/Tribun manado
Lapangan Akesimbeka di Kecamatan Siau Timur menjadi salah satu fasilitas olahraga di Sitaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Olahraga menjadi salah satu rutinitas penting bagi masyarakat, khususnya di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Untuk bisa mengakomodir kegiatan olahraga, khususnya yang melibatkan banyak orang, dibutuhkan sasaran dan prasarana memadai seperti Gelanggang Olahraga, Stadion atau lapangan terbuka.

Khusus di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang (Sitaro) tercatat ada sekitar 20 lapangan sepakbola berukuran standar maupun mini, yang kerap dijadikan sebagai sarana untuk berolahraga.

Data yang diperoleh tribunmanado.co.id mencatat, dari 20 lapangan olahraga tersebut, dua di antaranya berada di area sekolah dan selebihnya merupakan aset Pemerintah Kecamatan, Kelurahan maupun Kampung dimana lapangan tersebut berada.

"Sampai hari ini tidak ada satu pun lapangan olahraga yang tercatat sebagai aset pemerintah daerah, sehingga tidak ada anggaran untuk biaya pemeliharaan atau perawatan," ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sitaro, Budiarto Mukau, Kamis (13/1/2021).

Dari 20 lapangan tersebut, tiga di antara masing-masing Lapangan Batahi Ondong Kecamatan Siau Barat, Lapangan Akesimbeka Lecamatan Siau Timur serta Lapangan Mandolokang Kecamatan Tagulandang menjadi kerap digunakan sebagai tempat pertandingan.

Selain berukuran besar, ketiga lapangan tersebut juga dilengkapi dengan beragam sasaran dan prasarana yang bisa mendukung terselenggaranya hajatan olahraga berskala besar.

"Memang untuk pertandingan berskala kabupaten atau turnamen terbuka bisanya hanya menggunakan tiga lapangan besar ini," ungkap Mukau.

Sementara itu, dilihat dari keberadaan tiga lapangan tersebut, nampak sejumlah fasilitas mulai mengalami kerusakan bahkan tidak layak lagi untuk digunakan.

Seperti di Lapangan Batahi Ondong Kecamatan Siau Barat yang atap bangunnya telah rusak dan kondisi lapangan yang mulai gundul tak berumput.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved