Breaking News:

Berita Mitra

KPU Mitra Buka Pos Aduan Perubahan Data Pemilih

Hensly Pelleng menjelaskan, langkah ini dilakukan guna menunjang Pemutakhiran Data Pemilihan Berkelanjutan (PPDB) yang sementara digodok pihaknya.

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Hensly Pelleng 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mitra membuka pos aduan bagi masyarakat yang akan melaporkan perubahan data pemilih. 

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Hensly Pelleng menjelaskan, langkah ini dilakukan guna menunjang Pemutakhiran Data Pemilihan Berkelanjutan (PPDB) yang sementara digodok pihaknya.

"Bagi masyarakat yang ingin melaporkan terkait perubahan data pemilih, baik kerabat atau kenalan yang TMS karena berpindah domisili atau meninggal, maupun data pemilih baru, bisa langsung ke pos aduan di KPU Mitra," ucap Pelleng saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/1/2022).

Dalam kesempatan itu, dirinya juga turut membeberkan jumlah Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) bulan Desember tahun 2021 berjumlah sekitar 85.065.

Jumlah ini menurun 312 pemilih dari Daftar Pemillih Tetap (DPT) pada tahun 2020 lalu yang berjumlah 85.377 pemilih.

Ia menjelaskan, data saat ini terus bergerak sehingga setiap bulan data dimutakhirkan.

Sementara itu, berkaitan dengan data pemilih, baik pemilih baru maupun yang sudah Tidak Memenuhi syarat (TMS), pihaknya selalu memastikan elemen datanya sebelum dimasukkan dalam DPB.

“Beberapa data pemilih belum kami masukkan karena masih akan memastikan elemen datanya,” ungkapnya.

Dijelaskannya, seperti pemilih baru, baik pemilih pemula maupun yang pemilih pindah masuk, saat ini ada sekitar ratusan yang belum diumumkan karena elemen datanya, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) belum dipastikan.

Demikian juga data pemilih TMS, semisal yang sudah meninggal dunia, harus dilengkapi dengan minimal surat keterangan kematian.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved