Breaking News:

RHK Selasa 11 Januari 2021

RENUNGAN HARIAN KELUARGA 1 Timotius 5:19 - Menasihati, Bukan Menuduh

Rasul Paulus memberikan nasihat kepada temannya Timotius tentang bagaimana hidup berjemaat. Nasihat Paulus ini tentang jangan menuduh.

Editor: Aswin_Lumintang
Istimewa/Dok.GMIM
Katekisasi Pelsus Terpilih GMIM untuk rayon Manado di Ruang Mapalus, kantor Gubernur Sulut, Senin (08/11/2021). 

1 Timotius 5:19
"Janganlah engkau menerima tuduhan atas seorang penatua kecuali kalau didukung dua atau tiga orang saksi."
-----------------------------------------------

Pelayan khusus di GMIM Damai Bukit Moria Singkil
Pelayan khusus di GMIM Damai Bukit Moria Singkil (Istimewa.)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Rasul Paulus memberikan nasihat kepada temannya Timotius tentang bagaimana hidup berjemaat. Nasihat Paulus ini tentang jangan menuduh. Dengan menuduh akan terjadi sesuatu yang tidak baik, seperti persatuan bisa rusak dan terpecah. Hubungan yang baik menjadi rusak dan terputus.

Kenapa menuduh itu dilarang? atau kenapa menuduh itu tidak baik? Karena menuduh berarti menunjuk dan menganggap seseorang berbuat buruk dan menunjuk serta mengatakan bahwa seseorang melakukan perbuatan melanggar hukum. Menuduh adalah sifat orang yang mencari-cari kesalahan tanpa bukti atau tidak melihat sendiri.

Terlebih menuduh seorang pelayan Tuhan tanpa ada saksi. Karena itu bagi Paulus tuduhan itu hanya boleh kalau ada dua atau tiga orang saksi. Bagi gereja menuduh itu sama sekali tidak bermanfaat dan tidak menguntungkan bagi siapapun.

Sebagai keluarga kristen kita diajak untuk hidup saling memberi semangat dengan tidak menimbulkan tuduhan-tuduhan. Orang yang hidup suka menuduh adalah sikap orang yang selalu curiga dengan orang lain. Jika orang atau di antara kita ada yang suka menuduh tanpa bukti itu sama dengan mencari-cari masalah.

Kita harus belajar hidup terbuka artinya kalau ada yang tidak berkenan lebih baik diberitahu dengan cara baik-baik atau dengan sopan itu adalah sikap menghormati dan menghargai.

Jika ada masalah, maka hal terbaik yang harus dilakukan adalah mencari tahu duduk masalahnya, lalu kemudian memberi nasihat dan masukan. Dengan begitu maka kita menjaga hubungan persaudaraan sebagai keluarga. Tetapi sikap seperti ini harus juga kita praktekan di luar rumah atau keluarga kita, yaitu terhadap teman atau masyarakat lainnya. Tuhan pasti memberkati keluarga kita, jika kita mampu memberi teladan yaitu dengan tidak menuduh, tanpa saksi atau bukti, sebab Tuhan menghendaki persaudaraan yang rukun dan damai. Amin.

DOA: Ya Tuhan kami bersyukur kepaada-Mu sebab sebagai keluarga kami senantiasa dijaga dan dipelihara oleh Tuhan. Kami mohon Tuhan terus menjaga kami agar kami boleh hidup dengan tidak saling menuduh satu dengan yang lain, tetapi kami hidup saling menolong dan saling membantu. Amin.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved