Breaking News:

Berita Talaud

Mabaris’sa, Tradisi Masyarakat Talaud Sebagai Bentuk Ucapan Syukur di Awal Tahun Baru

Tradisi Mabaris’sa, Babaris atau Berbaris merupakan sebuah potret masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud dalam memperingati hari Natal

Penulis: Ivent Mamentiwalo | Editor: Chintya Rantung
Ivent/Tribun Manado
Tradisi Mabaris'sa terus di lestarikan di kabupaten Talaud mengawali Tahun Baru 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Tradisi Mabaris’sa, Babaris atau Berbaris merupakan sebuah potret masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud dalam memperingati hari Natal, hari kelahiran Tuhan Yesus Kristus dan menyambut Tahun Baru.

Seperti pada umumnya di Tanah Porodisa, dalam prosesi Mabaris’sa ini, terlihat jelas bagaimana ekspresi masyarakat di Bumi Porodisa dalam mengungkapkan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas berkat dan cinta kasihNya dalam kehidupan.

Saat tradisi ini digelar, warga tumpah–ruah kejalan. Tua, muda dan anak–anak membanjar dalam barisan yang panjangnya hingga ratusan meter sambil berpasangan.

Irama gerakan dua kali serong ke kiri dibalas dua kali serong ke kanan dan seterusnya sambil bergerak maju atau bahasa lokalnya “Dua Pas” mengantar langkah mengitari perkampungan.

Terkadang, hingga mentari tak lagi bersinar, warga masih mengayunkan langkah, menari dan terus bergoyang sambil di iringi musik.

Seperti penuturan beberapa tokoh di Desa Salibabu dimana Mabaris’sa merupakan satu gambaran betapa bersyukurnya warga masyarakat atas berkat dan perlindungan Sang Pencipta dalam kehidupan umat manusia.

Memperingati hari kelahiran bayi Juruselamat dan berkat yang telah Ia curahkan bagi umat manusia.

Disini terlihat jelas, warga masyarakat yang menjalankan aktivitas sehari–hari, baik di laut maupun di daratan, semua mengucap syukur.

“Mabaris’sa merupakan gambaran bagaimana warga masyarakat bersuka cita dalam memperingati Perayaan Natal dan Tahun baru," katanya.

Tradisi Mabaris'sa dalam beberapa tahun terakhir saat Pendemi Covid 19 melanda dunia, tidak lagi dilakukan karena dinilai melanggar protokol kesehatan .

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved