Breaking News:

BACAAN ALKITAB

BACAAN ALKITAB: 1 Timotius 5:17-25 “Hormatilah Pelayan Tuhan”

Masih dengan ucapan: Selamat Tahun Baru 2022. Dimuliakanlah Tuhan Allah, yang memanggil, memilih dan menetapkan Pelayan Khusus

Editor: Aswin_Lumintang
Ist
Kisah Timotius, Uskup Kristen Abad Pertama dan Pemuda Saleh yang Miliki Pengetahuan Alkitabiah 

MTPJ 9 – 15 Januari 2022
TEMA BULANAN : “Aku Ini adalah Hamba Tuhan”
TEMA MINGGUAN: “Hormatilah Pelayan Tuhan”
BACAAN ALKITAB: 1 Timotius 5:17-25

ALASAN PEMILIHAN TEMA
Masih dengan ucapan: Selamat Tahun Baru 2022. Dimuliakanlah Tuhan Allah, yang memanggil, memilih dan menetapkan Pelayan Khusus diperiode ini menjadi teman sekerja-Nya.

Gereja Masehi Injili di Minahasa mengenal, bahwa semua sidi jemaat adalah pelayan Tuhan, tetapi ada orang-orang yang dipanggil, dipilih dan ditetapkan sebagai Pelayan Khusus. yaitu : Diaken, Penatua, Guru Agama dan Pendeta. Mereka ini adalah orang-orang yang di diteguhkan (diurapi) untuk mengerjakan pekerjaan pelayanan Gereja.

Peneguhan itu sendiri dilakukan setelah mendengar jawaban dari mulut mereka sendiri, bahwa mereka: Yakin, mengakui dan berjanji dengan segenap hati. Amin. Jawaban ini bukanlah jawaban biasa tapi jawaban memenuhi panggilan Tuhan untuk menjadi teman sekerja-Nya.

Ilustrasi Renungan
Ilustrasi Renungan (internet)

GMIM dari waktu ke waktu, periode ke periode secara sopan dan teratur mengadakan pemilihan Diaken dan Penatua. Jika kita melihat data GMIM, maka kita diperhadapkan dengan wilayah pelayanan yang luas sebab GMIM tidak hanya ada di tanah Minahasa tapi juga di luar tanah Minahasa, sebagaimana Tata Gereja. Artinya GMIM dpanggil oleh Tuhan untuk mengambil bagian dalam misi Allah (Misio Dey) di seluruh dunia berdasarkan Matius 28:19-20, Kisah Para Rasul 1:8.

Di periode yang baru lewat 2018-2021 kita mempunyai gambaran tentang Pelayan Khusus, yaitu Dengan demikian Teritorial Pelayanan GMIM adalah seluruh dunia. Di periode yang baru lewat 2018-2021, kita memiliki Pelayan Khusus: Syamas 10.680, Penatua 15.394, Guru Agama Laki-laki 37, perempuan 242. Pendeta laki-laki 731 dan perempuan 1.532. Pelayan Khusus ini melayani 803.339 jiwa atau warga gereja.

Periode 2022-2026 Diaken dan Penatua tentu telah bertambah. Pelayan Khusus dituntut untuk tulus hati melayani Tuhan, walaupun diperhadapkan dengan tantangan-tantangan dari dalam keluarga sendiri, pekerjaan, teman, sahabat. Bersedia untuk berkorban baik waktu, tenaga, pikiran bahkan dana. Pemberian diri inilah yang patut untuk dihargai dan hormati oleh siapapun. Itulah sebabnya tema minggu ini adalah : “Hormatilah Pelayan Tuhan” dari pembacaan I Timotius 5:17-25.

PEMBAHASAN TEMATIS
 Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Surat Paulus kepada Timotius, dipandang sebagai surat Pastoral atau surat penggembalaan. Menurut Kisah Para Rasul 16:1-3, Timotius adalah kawan sekerja dan seperjalanan Paulus serta dikenal sebagai murid yang baik. Ibunya Eunike dan neneknya Lois yang telah menjadi orang beriman, dan ayahnya seorang Yunani dari Listra.

Timotius diartikan sebagai orang saleh yang menghormati Allah. Pada waktu Paulus menulis surat ini, ia menganggap ajalnya hampir tiba sebab ia berada dalam penjara dan karena itu pikirannya terarah untuk membimbing Timotius yang akan menggantikannya dalam jabatan-jabatan dan tanggungjawab rasul. Bagian dari bimbingnya, adalah I Timotius 5:17-25.

Ilustrasi.
Ilustrasi. (SHUTTERSTOCK)

Paulus menekankan pentingnya menghormati para penatua yang berjerih payah berkhotbah dan mengajar. Menghormatinya dua kali lipat. Pengertian dua kali lipat adalah mencukupkan kebutuhan mereka secara berkelimpahan dan mendukung dalam pelayanan terutama bagi mereka yang benar-benar layak untuk itu, yaitu mereka yang diangkat menjadi pemimpin jemaat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved