Breaking News:

Berita Manado

Sejarah Persma Manado, Jatuh Bangun Si Badai Biru, Berjaya di Era 90-an hingga Diputihkan PSSI

Sejarah panjang klub bola paling populer di ibu kota Provinsi Sulut ini dimulai sejak tahun 1960

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Chintya Rantung
ist/Fanpage FB Persma Manado
Persma Manado 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Badai Biru demikian julukan Persma kepanjangan Persatuan Sepak Bola Manado.

Sejarah panjang klub bola paling populer di ibu kota Provinsi Sulut ini dimulai sejak tahun 1960. Sempat berjaya di era 90-an, Persma belakangan diputihkan PSSI.

Stadion terletak di Karombasan, Kota Manado itu kini sepi dari aktivitas kompetisi tingkat nasional. Fasilitas yang dinamai Stadion Klabat itu dulunya merupakan Kandang Persma Manado. Kini menjadi kandang dari Sulut United yang berlaga di Divisi II Liga Indonesia.

"Kalau ingat dulu, Stadion Klabat ini terkenal angker, tapi bukan soal mistik, Persma tidak ada isitah kalah di kandang. Tim lain yang bertandang pasti dihantam badai biru," ujar Jefry Talumepa, Mantan Sekretaris Umum Persma Manado ketika bersua tribunmanado.co.id di Kantor KONI Manado, Youth Center Kawasan Mega Mas Manado, Kamis (7/1/2022).

Talumepa bahkan mengenang tahun 1996 kala tim PSV Eindhoven dari Belanda bertandang ke Stadion Klabat dijamu Persma.

Masih lekang diingatannya, Pemain Terbaik Dunia Luiz Nazario Da Lima atau lebih dikenal dengan nama Ronaldo masih di awal-awal karirnya beraksi di Stadion Klabat. Akhirnya Persma harus menelan kekalahan 6-0 dari PSV Eindhoven.

"Saya masih ingat suara supporter di Stadion Klabat bergemuruh bak badai biru kala mendukung Persma berlaga," kata Mantan Pemain Persma Manado ini.

Manajemen bahkan sampai kehabisan karcis kalau Persma berlaga di kandang

"Dari daerah turun, Amurang, Tondano bahkan Kotamobagu datang menonton, apalagi ketika itu banyak pemain Persma berasal dari daerah-daerah tersebut,'' katanya.

Persma Manado kini tinggal kenangan, bahkan di akhir terjerembab masalah harus mendapat hukuman dari FIFA dan PSSI, Persma Manado diputihkan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved