Breaking News:

Berita Minahasa

Musim Penghujan, Awas DBD Mengintai, Dinkes Minahasa Imbau Masyarakat Waspada

Mengantisipasi adanya kasus DBD awal tahun 2022,Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Kesehatan mengimbau masyarakat untuk waspada.

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
mejer lumantow/tribun manado
Kadis Kesehatan Minahasa dr Maya Rambitan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Mengantisipasi adanya kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) awal tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Kesehatan mengimbau masyarakat untuk waspada.

Ya, cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi yang terjadi akhir-akhir ini di Kabupaten Minahasa bisa menciptakan genangan air yang dapat memicu sarang nyamuk DBD.

Kepala Dinas Kesehatan Minahasa dr Maya Rambitan melalui Kepala Bidang P2 dr Maxi Umboh mengimbau masyarakat untuk waspada DBD.

"Dari data yang ada tahun 2021 kemarin, ada 113 kasus DBD di Kabupaten Minahasa hingga Desember 2021, sementara diawal tahun ini sudah ada 2 kasus DBD yang terdapat di Kecamatan Tanawangko dan Sea, dikhawatirkan masih akan bertambah di bulan Januari ini," kata dr Maxi kepada Tribunmanado.co.id, Jumat (7/1/2022).

Untuk itu, kata dia, diharapkan masyarakat tetap waspada terhadap DBD, apalagi saat musim penghujan yang terjadi saat ini.

"Kami juga sudah menyampaikan kepada petugas-petugas yang disetiap Puskesmas untuk memberikan imbauan kepada masyarakat lewat penyuluhan keliling, yaitu untuk membersihkan lingkungan," ujar dr Maxi.

Dikatakannya, kalau pun terdapat kasus DBD silahkan dibawa ke puskesmas atau rumah sakit sehingga langsung mendapat penanganan serius.

"Petugas juga telah siap melakukan langkah-langkah pencegahan, intinya mengantisipasi kasus DBD lakukan pembersihan lingkungan masing-masing," pungkasnya. (Mjr)

Berikut Ciri-ciri demam berdarah yang bisa dikenali lewat pendarahan, nyeri, gangguan pencernaan, sampai syok.

Demam tinggi, mendadak, terus menerus, selama 2–7 hari.

Tanda perdarahan, seperti muncul ruam berupa bintik-bintik merah di kulit, mimisan, gusi berdarah, muntah berdarah, atau buang air besar berdarah

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved