Breaking News:

Berita Sulut

Ini Kata Pengamat Politik Soal Peluang PKB di Pilkada Sulut 2024

"Beberapa kursi di DPRD Sulut dan 1 Fraksi di DPRD di Kabupaten/Kota, maka sebaiknya memperkuat konsolidasi," ungkap Tumbelaka. 

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
Istimewa
Partai Kebangkitan Bangsa 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pengamat Politik Sulut Taufik Tumbelaka mengatakan PKB dalam konstelasi politik Indonesia mempunyai basis massa yang kuat di pulau Jawa.

"Khususnya di Jawa Timur (Jatim) dan di Jawa Tengah (Jateng)," ujar dia. 

Kata dia, walaupun berbasis massa NU, sebenarnya PKB adalah partai politik (parpol) terbuka di mana yang menjadi kekuatannya di luar warga NU.

"Nah salah satunya adalah adanya para figur yang menjadi vote getter atau penarik/pendulang suara, dua kombinasi ini sangat terasa menjadi andalan PKB," jelas Tumbelaka kepada Tribun Manado, Jumat (7/1/2022).

Untuk di Sulut, kata dia, PKB menghadapi tantangan situasi - kondisi  sosial dan politik di mana kekuatan basis massa NU tidak seperti di Jatim atau di Jateng.

"Selain itu tidak ada para figur lokal yang secara sosial dan politik kuat untuk menjadi vote getter untuk perolehan suara PKB di 3 zona yang ada di Sulut, Nusa Utara, Minahasa dan BMR," terang dia. 

Kata dia, jika memang PKB di Sulut berkehendak dalam Pemilu tahun 2024 akan meraih target politik 1 kursi di DPR RI.

"Beberapa kursi di DPRD Sulut dan 1 Fraksi di DPRD di Kabupaten/Kota, maka sebaiknya memperkuat konsolidasi," ungkap Tumbelaka. 

Selain itu, kata dia, PKB perlu menggali potensi suara yang belum tergarap dan menarik sejumlah figur yang bisa menciptakan PKB sebagai pilihan menarik bagi calon pemilih di Sulut. (Mjr)

Persiapan Paska Nasional, Wakil Bupati Talaud dan Ketua Sinode Germita Temui Gubernur Sulut

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Mencegah Kanker hingga Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Longsor di Desa Tanggari dan Sawangan, Jalan Airmadidi - Tondano Macet Parah


BalasBalas ke semuaTeruskan

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved