Breaking News:

Info Penerbangan

Ini Aturan Terbaru Pelaku Perjalanan Internasional di Bandara Samrat Manado, Wajib Karantina 7 Hari

Satgas Penanganan Covid-19 mengeluarkan aturan terbaru bagi pelaku perjalanan Internasional yang masuk ke Indonesia.

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Chintya Rantung
fernando lumowa/tribun manado
Suasana di depan terminal kedatangan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Satgas Penanganan Covid-19 mengeluarkan aturan terbaru bagi pelaku perjalanan Internasional yang masuk ke Indonesia.

Aturan itu diatur dalam Surat Edaran Nomor 1 tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

Dari sekian banyak aturan, kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, bagi Warga Negara Asing (WNA) wajib menjalani karantina mandiri selama tujuh hari.

"Sementara bagi WNI, wajib menjalani karantina mandiri 10 hari," jelas Minggus kepada Tribunmanado.co.id, Jumat (07/01/2021).

Pelaku perjalanan Internasional wajib menunjukkan kartu vaksin dosis lengkap dan surat hasil negatif PCR yang masa berlakunya 3x24 jam.

Begitu tiba juga wajib menjalani pemeriksaan antigen. Bila positif, wajib menjalani karantina di fasilitas karantina terpusat atau isolasi di rumah sakit yang disediakan pemerintah.

Selanjutnya, WNA yang tengah menjalani masa karantina akan ditest PCR pada hati ke-6. Sedangkan WNI ditest PCR hari ke-9.

Bila positif, wajib menjalani karantina sesuai aturan yang berlaku. Bila negatif, bisa melanjutkan perjalanan dan dianjurkan untuk menjalani karantina mandiri selama 14 hari.

Di sisi lain, pelaku perjalanan internasional yang berasal dari negara-negara yang sudah ditemui kasus Covid-19 varian Omicron dilarang masuk Indonesia.(ndo)

Baca juga: Musim Penghujan, Awas DBD Mengintai, Dinkes Minahasa Imbau Masyarakat Waspada

Baca juga: Ashanty Positif Covid-19 Usai Pulang dari Turki, Kronologi hingga Kondisi Terkini

Baca juga: Ini Aturan bagi Pelaku Perjalanan Domestik di Bandara Sam Ratulangi Manado

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved