Breaking News:

Digital Activity

Goinpeace Tumbel Ulas Kebijakan Penyerataan Jabatan PNS, Berikut Pemaparannya

DR Goinpeace Tumbel, Akademisi Universitas Manado mengulas kebijakan yang lebih tepat disebut Penyerataan Jabatan Administrasi ke Fungsional PNS.

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Chintya Rantung
Dokumentasi Tribun Manado
DR Goinpeace Tumbel, Akademisi Universitas Manado di Podcast Tribun Bakuda bersama Host Aswin Lumintang, Kamis (6/1/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Akhir tahun 2021 baru-baru ini, Pemerintah Provinsi Sulut mengalihkan jabatan PNS dari posisi struktural ke fungsional.

DR Goinpeace Tumbel, Akademisi Universitas Manado mengulas kebijakan yang lebih tepat disebut Penyerataan Jabatan Administrasi ke Fungsional PNS.

Ulasannya ini pun diungkap di Podcast Tribun Bakuda bersama Host Aswin Lumintang di Studio Podcast Kantor Tribun Manado, Kamis (6/1/2022).

Berikut penggalan ulasan DR Goinpeace Tumbel.

* Apa latar belakang kebijakan penyerataan jabatan ini?

Jadi tuntutan transformasi sekalipun agak terlambat, tapi lebih terlambat daripada tidak sama sekali. Karena bagian dalam grand design reformasi birokrasi kita pasca memasuki era reformasi, dan di dalam keseharian menjadi kajian bidang keilmuan kami di kampus sebagai dosen administrasi publik, baik di S1 maupun pasca sarjana.

Dari beberapa riset, berkaitan dengan kinerja dari pelayan publik. Siapa pelayan publik? Para birokrat, siapa birokrat? Birokrasi publik, birokrasi pemerintahan di semua level dalam konteks local government (pemerintah daerah).

Siapa pemerintah daerah? Pemerintah provinsi sampai ke kabupaten/kota hingga desa dan kelurahan. Di sana bercokol para ASN yang jadi sasaran, ruang lingkup kebijakan ini dalam keberadaan dan predikat status sebagai ASN.

Peraturan ASN bagaimana sesuai harus ada kejelasan status mereka kaitan dengan peraturan ini, penyetaraan jabatan administrasi ke jabatan fungsional.

* Apa implikasi dari penyetaraan jabatan ini?

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved