Breaking News:

Berita Sulut

Saran Pengamat Transportasi Pasca Terjadi Longsor di Ruas Jalan Likupang Minut

Terlebih, kata dia, ditambah cuaca yang cukup ekstrim akhir-akhir ini dengan curah hujan yang cukup tinggi membuat struktur tanah di lokasi tersebut.

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Pengamat Transportasi Sulut Vicky Fernando 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Mengenai longsornya atau putusnya jalan Trans Likupang sebenarnya perlu penyelidikan lebih lanjut terlalu dini kita untuk menentukan penyebabnya apa? Karena belum di investigasi secara langsung. 

Demikian kata Pengamat Transportasi Sulut Vicky Fernando Lesawengen ST, MT. 

Menurutnya, hal ini harus dilihat dulu Topografi dari lokasi tersebut (tinggi rendahnya permukaan tanah) ini untuk mempelajari kemana arah aliran air ketika terjadi hujan karena sifat air sendri yg mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah. 

"Walaupun memang ada aktivitas tambang dekat dengan Lokasi jalan Trans Likupang yang merubah bentuk Topografi lokasi tersebut, terbentuknya lereng-lereng tanpa perkuatan terutama yang dekat dengan badan jalan bisa melemahkan struktut tanah di sekitar lokasi tersebut," jelas Vicky kepada Tribun Manado, Kamis (6/1/2022).

Terlebih, kata dia, ditambah cuaca yang cukup ekstrim akhir-akhir ini dengan curah hujan yang cukup tinggi membuat struktur tanah di lokasi tersebut jenuh air dan labil.

Nah karena sifat air tadi membuat aliran bawah permukaan yang bisa menyebabkan kelongsoran akibat hilangnya daya dukung tanah di lokasi tersebut.

"Saran saya untuk ruas jalan yang dekat dengan lokasi tambang atau lereng ada beberapa treatment yang bisa digunakan salah satunya menggunakan soil nailing," terangnya.

"Kemudian di grouting dan di semprot beton Mortar agar tidak runtuh atau bisa juga menggunakan sheet pile beton yang di tanam vertikal untuk mencegah kelongsoran," tutup Vicky. (Mjr)

Ramalan Zodiak Cinta Jumat 7 Januari 2022, Cancer Kamu Perlu Berhati-hati, Aries Sentuhan Positif

Jalan Tol Manado Bitung Seksi 2B Tak Ada Pembatas Jalan dan Rambu

3 Berita Populer Selebriti Malam ini, Kabar Hotman Paris, Tubagus Joddy & Melinda Cinta Satu Malam

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved