Breaking News:

Berita Minsel

Kadisnaker Minsel: Korban Kecelakaan yang Tangannya Putus Berhak Dapat Rp 172 Juta dari Perusahaan

Kalau manajemen PT Putera Karangetang mengikutsertakan karyawannya itu dengan asuransi BPJS, maka uang itu akan diklaim di BPJS Ketenagakerjaan.

Penulis: Rul Mantik | Editor: Rizali Posumah
NET
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Fenti Suak (43), korban kecelakaan kerja yang kedua tangannya putus, berhak mendapatkan ganti rugi Rp172 juta dari perusahaan.

Pernyataan ini disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sonny Maleke, saat mengunjungi korban di Desa Sulu, Kecamatan Tatapaan, Kamis (6/1/2022).

Alasan Sonny Malake, pihak perusahaan harus membayar uang itu, karena manajemen perusahaan tidak mengikutsertakan karyawannya itu dengan program BPJS Ketenagakerjaan.

"Kan pihak perusahaan tidak mengikutkan karyawannya dengan BPJS Ketenagakerjaan, jadi mereka harus bertanggungjawab dengan biaya yang seharusnya dibayarkan oleh BPJS," terang Sonny Maleke.

Kalau manajemen PT Putera Karangetang mengikutsertakan karyawannya itu dengan asuransi BPJS, maka uang itu akan diklaim di BPJS Ketenagakerjaan.

Jika manajemen PT Putera Karangetang tidak membayarkan uang tersebut, kata Sonny Malake, maka perusahaan akan dipidanakan.

"Jika tidak dibayar, kita akan rekomendasi ke pihak berwajib untuk dipidanakan. Sebab, korban mengalami kecelakaan saat melaksanakan pekerjaannya di perusahaan itu," papat Sonny.

Langkah yang saat ini dilakukan Dinas Tenaga Kerja Minsel, yakni meminta petugas penyidik di Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Utara untuk melakukan penyelidikan.

"Data awal sudah kami berikan kepada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulut, dan kami meminta dilakukan penyelidikan," ujarnya.

Kemungkinan besar, kata Sonny Maleke, pekan depan, pengumpulan data akan segera dilakukan penyidik PNS Dinas Tenaga Kerja.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved