Breaking News:

RHK Kamis 6 Januari 2022

BACAAN ALKITAB 2 Tawarikh 27:6 Hidup Dalam Ekosistem Iman

Raja Yotam, hebat. Dia sukses dalam berbagai hal. Dia mampu membawa Yehuda mengalami pembaharuan yang signifikan.

Editor: Aswin_Lumintang
Tribun Manado/Indra Sudrajat
ILSUTRASi Renunan: Bacaan Alkitab 2 Tawarikh 27:6 

  2 Tawarikh 27:6
TRIBUNMANADO.CO.ID - Raja Yotam, hebat. Dia sukses dalam berbagai hal. Dia mampu membawa Yehuda mengalami pembaharuan yang signifikan. Baik kehidupan rohani, maupun dalam membangun bangsanya. Ekonomi rakyat baik, militernya kuat, pemerintahannya solid dan terarah, kota dan negerinya maju.

Banyak hal telah dilakukannya. Banyak keberhasilan diraihnya, termasuk dalam peperangan. Dia selalu menang. Hampir tidak ada yang gagal dalam semua misinya.

Renungan Harian Kristen
Renungan Harian Kristen (Istimewa)

Apakah karena bangsa-bangsa di sekitarnya lemah? Tidak! Bani Amon dan sejumlah bangsa-bangsa yang diperangi maupun memerangi Yehuda, punya pertahanan dan militer yang kuat. Tapi, kekuatan mereka tak mampu mengalahkan ataupun menandingi kekuatan raja Yotam dan bangsa Yehuda.

Mengapa? Sesungguhnya, raja Yotam kuat, karena Tuhan yang kuat. Bahkan jauh lebih kuat dari siapapun, termasuk dari bani Amon dan bangsa-bangsa Údengan perlengkapan militer yang paling lengkap sekalipun. Kekuatan Allah melampaui segala kekuatan apapun yang ada di alam semesta ini.

Dan, kekuatan Allah itulah kunci kemenangan Yotam. Allah selalu membela mereka. Dia menjaga dan menjadi Pahlawan bagi Yehuda, sehingga bangsa itu jadi kuat dan tak dapat dikalahkan oleh apapun dan siapapun. Justeru merekalah yang mengalahkan segala bangsa karena kuat tangan Tuhan. Itulah kunci rahasia kekuatan Yotam dan bangsa Yehuda: Tuhan Allah.

Demikian firman Tuhan hari ini.
  Yotam menjadi kuat, karena ia mengarahkan hidupnya kepada TUHAN, Allahnya. (ay 6)_
Yotam kuat, karena Tuhan. Tuhanlah yang menolong dan membela dia. Bahkan Tuhanlah yang menjadi pahlawan perang ganti para prajurit Israel. Sungguh tak ada yang sanggup melawan Yotam karena kekuatan Tuhan menyertai dan melindungi serta memenangkannya.

Mengapa Tuhan menjaga, membela dan melindungi bahkan menjadi Super Hero bagi Yehuda? Jelaslah karena Yotam hidup menyenangkan hati Tuhan. Dia mengarahkan hidupnya sepenuhnya dan seutuhnya kepada Tuhan. Itulah korelasinya serta "ekosisten" hidup orang beriman.

Ekosistem yang paling indah dan paling mulia adalah ekosistem kehidupan orang beriman. Jadi, Allah telah mengasihi kita dan rela berkorban dan mati untuk kita. Allahlah yang lebih dahulu mengasihi kita. Maka kita harus mengasihi Dia.

Jika kita hidup mengasihi Tuhan dengan mengasihi sesama dan melakukan segala sesuatu yang baik dan beriman, setia melayani Tuhan dan terus hidup memuliakan Dia, maka kita akan diberkati-Nya secara terus menerus, tiada hentinya. Demikian selanjutnya, siklus bahkan ekosistem kehidupan umat manusia.

Jadi, sesungguhnya segala sesuatu sederhana saja. Yakni, lakukanlah firman Tuhan secara baik dan benar, dalam ketulusan dan kesetiaan pada-Nya. Maka, berkat kasih karunia-Nya, akan melimpah ruah dalam hidup kita.
Jika kita ingin kuat, diberkati bahkan disayangi Tuhan Yesus serta sukses dalam segala hal, maka bertobatlah dan hiduplah dalam pertobatan. Lakukan kehendak-Nya. Maka kita akan kuat. Lebih kuat dari siapapun juga, karena Dia, Tuhan Yesuslah kekuatan kita satu-satunya.

Maka, jika kita ingin kuat, teguh, kokoh, berhasil dan diberkati Tuhan, hiduplah dalam ekosistem iman, atau ekosistem Tuhan. Maka, kuat, sehat, damai sukacita dan berkat melimpah, pasti mengalir dan mengalir dalam hidup kita, kini sampai selamanya. Amin

 DOA: Tuhan Yesus, ajarlah kami terus hidup dalam kasih-Mu dengan mengasihi Engkau lebih sungguh lagi. Terpujilah Engkau, sampai selamanya. Amin

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved