Breaking News:

RHK Rabu 5 Januari 2022

RENUNGAN HARIAN KELUARGA 2 Tawarikh 27:4 - Membangun Demi Kesejahteraan dan Keamanan

Salah satu hal yang menarik dari kepemimpinan raja Yotam adalah kemampuannya untuk menyeimbangkan pembangunan rumah Tuhan

Editor: Aswin_Lumintang
ilustrasi 

2 Tawarikh 27:4
"Ia mendirikan juga kota-kota di pegunungan Yehuda dan benteng-benteng serta menara-menara di hutan-hutan."
-----------------------------------------------

Renungan
Renungan (WWW.THOUGHTCO.COM)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Salah satu hal yang menarik dari kepemimpinan raja Yotam adalah kemampuannya untuk menyeimbangkan pembangunan rumah Tuhan dengan kesejahteraan dan keamanan rakyat.

Ia memperluas wilayah kerajaan Yehuda dengan mendirikan kota-kota di pegunungan dan memperkokoh benteng-benteng pertahanan serta menara-menara di hutan. Tindakannya ini diperhitungkan secara cermat bahwa rakyat yang dipimpinnya dapat hidup sejahtera, aman dan tenteram apabila tinggal di wilayah yang luas, kota-kota yang baik dan dikelilingi benteng pertahanan yang kokoh.

Tidak semua pemimpin (pelayan) memprioritaskan rakyat yang dipimpinnya, sebab ada juga pemimpin yang hanya memikirkan kesejahteraan dan keamanannya sendiri atau keluarganya. Padahal dia menjadi pemimpin atau pelayan karena dipilih oleh rakyat atau anggota sidi jemaat.

Hidup di era disrupsi ini memberi dampak yang negatif jika tidak disikapi dengan baik. Di mana interaksi sosial semakin berkurang dan solidaritas terhadap sesama semakin menipis. Akibatnya banyak di antara anak-anak kita semakin sulit bersosialisasi di dunia nyata karena terlalu banyak berkecimpung di dunia maya.

Jika setiap orang tua sejak dini mempersiapkan anaknya dengan baik, maka mereka akan menjadi orang-orang yang selalu berpikir arif dan bertindak bijaksana di dalam hidup. Iman mereka tidak akan mudah tergerus oleh peradaban dunia yang makin sekuler dan individualistik ini.

Firman Tuhan hari ini, mengajak orang tua sebagai guru moral yang pertama untuk mempersiapkan generasi penerus yang beriman, berilmu dan berkarakter (3B).

Sebagai keluarga kristen, ajarkanlah anak-anak untuk peduli terhadap sesama, niscaya dengan terbangunnya kesadaran diri, mereka akan bertumbuh menjadi orang-orang yang peduli terhadap penderitaan orang lain.

Ajarilah mereka untuk mempraktekan cinta kasih dengan mengunjungi panti asuhan, penjara, orang lanjut usia, cacat mental, cacat fisik dan menolong mereka yang mengalami bencana alam maupun non alam. Semoga, anak-anak kami menjadi Yotam masa kini yang memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap sesama. Amin.

DOA: Terima kasih, Tuhan atas kebaikan-Mu yang menyediakan segala kebutuhan kami dan jadikanlah kami sebagai alat berkat-Mu bagi sesama kami. Amin.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved