Breaking News:

Advetorial

Sulut Koleksi 10 Daerah PPKM Level I dan 5 Daerah Level 2

Sebanyak 5 kabupaten dan kota di Sulawesi Utara berada pada level 2, dan 10 lainnya di level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Editor: David_Kusuma
Pemprov Sulut
Gubernur Sulut Olly Dondokambey 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Sebanyak 5 kabupaten dan kota di Sulawesi Utara berada pada level 2, dan 10 lainnya di level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 2 Tahun 2022.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian Provinsi Sulut Evans Steven Liow mengatakan, kriteria level PPKM Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara ini berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 02 Tahun 2022 yang berlaku pada tanggal 4 Januari sampai 17 Januari 2022.

Gubenur Olly dan Wagub Steven Kandouw
Gubenur Olly dan Wagub Steven Kandouw (Pemprov Sulut)

Sebanyak 5 kabupaten/kota yang masuk level 2 adalah Bolmong, Minahasa, Minsel, Bolsel, dan Bitung. 

Sedangkan 10 kabupaten/kota yang masuk level 1 adalah Sangihe, Talaud, Minut, Mitra, Bolmut, Sitaro, Boltim, Manado, Tomohon, dan Kotamobagu.

Liow mengatakan, penetapan level tersebut, lanjutnya, berpedoman pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan dan ditambahkan dengan indikator capaian total vaksinasi dosis 1, di mana level PPKM kabupaten/kota dinaikkan satu level apabila capaian total vaksinasi dosis 1 kurang dari 50 persen.

Gubenur Olly Dondokambey
Gubenur Olly Dondokambey (Pemprov Sulut)

Selanjutnya, dalam Instruksi yang diterbitkan pada tanggal 3 Januari 2022, Mendagri berpesan agar Gubernur, Bupati dan Wali kota berkoordinasi dan berkolaborasi dengan TNI, Polri dan Kejaksaaan dalam mengkoordinasikan dan mengawasi pelaksanaan PPKM, sambil terus mengimbau pemakaian masker yang baik dan benar sebagai protokol kesehatan paling minimal yang harus diterapkan setiap orang.

“Dan sebagai upaya menekan penularan Covid-19, maka Mendagri berpesan agar penguatan 3T yaitu testing, tracing, treatment, perlu terus diterapkan. Testing perlu terus ditingkatkan dengan target positivity rate kurang dari lima persen.

Dimana target testing harian adalah jumlah tes harian minimal yang harus dipenuhi kabupaten/kota . Orang yang dihitung ke dalam target testing adalah suspek dan kontak dari kasus konfirmasi, bukan orang tidak bergejala yang diskrining,” ungkap Liow mengutip Inmendagri Nomor 2 Tahun 2022 tersebut. (adv)

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey (Pemprov Sulut)
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved