Breaking News:

Adv

Kinerja Pelaksaan Anggaran 2021 dan Kiat Belanja Negara Meningkatkan Kinerja Mitra Kerja KPPN Bitung

KPPN Bitung sebagai Kuasa Bendaharawan Umum di Daerah punya peran yang penting dalam mengelola menyalurkan dana APBN

Editor: David_Kusuma
Istimewa
Proyek infrastruktur super prioritas UPP Likupang utk menunjang tujuan pariwisata, perekonomian. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Waktu berjalan begitu cepat, tidak terasa kita telah melewati tahun anggaran 2021. Di sisi lain, dua tahun waktu yang amat berat dirasakan oleh masyarakat karena hidup dalam acaman Covid-19 dengan berbagai keterbatasan dalam beraktifitas yang tentunya berdampak pada roda perekonomian.

Kita berharap pandemi Covid-19 segera berlalu dari bumi pertiwi yang kita cintai. Pandemi Covid-19 memberikan disrupsi yang luar biasa pada berbagai aspek kehidupan.

Berbagai sektor usaha mengalami banyak tekanan yang tentunya berdampak pada tingkat pengangguran yang semakin meningkat, angka kemiskinan pun yang turut terdorong naik di tengah ketidakpastian kapan berakhirnya masa pandemi ini.

Pemerintah (pemerintah pusat dan pemerintah daerah) membangun sinergi antar institusi dan seluruh elemen terus bersinergi melakukan langkah-langkah dalam rangka penangangan Covid-19 untuk dapat segera diatasi dan tentunya tidak membuat kondisi ekonomi semakin jatuh terjerembab.

Pengelolaan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) menjadi tumpuhan utama dalam upaya penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Alokasi APBN dalam rangka penanganan Covid-19 mendukung kebutuhan program vaksinasi yang efektif serta melanjutkan tren pemulihan ekonomi melalui:

A. Kesehatan: berupa insentif nakes serta belanja intervensi penanganan Covid-19 (sarpras, biaya klaim, dan vaksinasi);

B. Perlindungan Sosial: berupa dukungan daya beli untuk menekan laju peningkatan kemiskinan dan kesenjangan melalui berbagai program (PKH, Sembako, Bansos tunai, Kartu Pra Kerja, diskon listrik, dan dukungan UMKM dan dunia usaha).

KPPN Bitung sebagai Kuasa Bendaharawan Umum di Daerah punya peran yang penting dalam mengelola menyalurkan dana APBN melalui peran percepatan dan pengawasan dalam penyaluran dana APBN dalam tiga wilayah kerjanya; meliputi Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sejak awal tahun anggaran 2021 berbagai upaya dilakukan oleh KPPN Bitung dalam rangka mendorong percepatan penyaluran dana APBN dengan cara membangun sinergi dengan satker-satker vertikal Kementerian Lembaga dan juga Pemeritah Daerah.

Berbagai program digulir meliputi sosialisasi, bimbingan teknis, koordinasi dan kolaborasi dalam bingkai berbagai inovasi untuk mendorong kinerja pelaksanaan anggaran di tingkat satker dan pemerintah daerah.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved