Breaking News:

Berita Keuskupan Manado

Hari Raya Penampakan Tuhan, Umat Keuskupan Manado Lestarikan Tradisi Tua Gereja Katolik

Bagi orang yang tidak memahami angka-angka yang dituliskan di pintu rumah umat Katolik, itu seperti sebuah kode rahasia.

Dokumentasi Paroki Maria Ratu Damai Tomohon
Anak anggota Sekami di Paroki Maria Ratu Damai Tomohon berperan sebagai orang Majus menggunakan kapur tulis menuliskan angka dan huruf pada pintu rumah umat pada perayaan Hari Raya Penampakan Tuhan, Minggu (2/1/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Ada tradisi tua Gereja Katolik yang biasanya dilakukan pada Hari Raya Penampakan Tuhan.

Saat itu umat sepulang dari gereja menggunakan kapur menuliskan gabungan huruf dan angka di ambang atau pintu rumah masing-masing.

Tahun 2022 ini hari raya yang juga disebut Epifani tersebut dilaksanakan pada tanggal 2 Januari 2022.

Berdasarkan angka pada tahun tersebut umat menuliskan “20 + C + M + B + 22”.

Hari Raya Penampakan Tuhan biasanya dibuat pada tanggal 6 Januari atau hari Minggu di dekatnya.

Hari raya ini biasanya dikenal sebagai pesta tiga raja atau orang Majus.

Mengikuti kronologi Kitab Suci, kunjungan orang Majus juga dirayakan dalam hari raya tersendiri dalam Gereja Katolik agar Masa Natal sangat padat makna.

Mengutip katolisitas.org, maksud rari raya ini adalah kelahiran Kristus dinyatakan kepada seluruh bangsa yang diwakili oleh para majus itu.

Santo Paus Leo Agung I mengajarkannya demikian: “Sebab sehubungan dengan keselamatan semua umat manusia-lah, kelahiran Sang Pengantara antara Allah dan manusia telah dinyatakan kepada seluruh dunia, ketika Ia masih tersembunyi di kota kecil itu.

Sebab meskipun Ia telah memilih bangsa Israel, dan sebuah keluarga dari bangsa itu, yang daripadanya Ia mengambil kodrat manusia, namun Ia tidak menghendaki bahwa hari-hari setelah kelahiran-Nya menjadi tersembunyi dalam batas-batas sempit rumah ibu-Nya, tetapi menghendaki agar [kelahiran-Nya itu] dapat dikenali oleh semua orang, mengingat bahwa Ia berkenan lahir untuk semua orang.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved