Berita Sitaro

Awal 2022, Polsek Siau Barat Kabupaten Sitaro Sita 39 Knalpot Bising

Penggunaan knalpot non standar pada kendaraan bermotor telah menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Ist/Dokumentasi Polsek Sibar
Operasi penertiban knalpot bising yang dilakukan aparat Polsek Siau Barat 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Penggunaan knalpot non standar pada kendaraan bermotor telah menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Persoalan ini pun mendapat atensi khusus dari aparat Kepolisian Polres Kepulauan Sitaro dan Polsek jajaran yang terus melakukan penertiban terhadap kendaraan-kendaraan yang menggunakan knalpot bising.

Seperti yang dilakukan aparat Polsek Siau Barat (Sibar) di awal tahun 2022 ini dengan melakukan operasi penertiban kendaraan bermotor dan berhasil menyita 39 buah knalpot non standar.

Operasi yang berlangsung di simpang empat Pasar Ondong Siau, tepatnya di depan Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru itu dipimpin langsung Wakapolres Kepulauan Sitaro, Kompol Haris O Bingku dan Kapolsek Siau Barat, AKP Novryanto Sadia.

"Ya, kemarin sore sampai malam hari, kita menggelar operasi di depan pos pengamanan nataru dengan sasaran knalpot non standar atau knalpot racing," kata Bingku kepada tribunmanado.co.id, Senin (3/1/2022).

Tindakan ini, sambung Bingku, dilakukan sebagai bentuk respon kepolisian terhadap keluhan-keluhan masyarakat yang resah dengan suara bising yang timbul dari knalpot-knalpot non standar pada kendaraan.

"Apalagi selama perayaan Natal hingga Tahun Baru ini, banyak kegiatan-kegiatan ibadah, baik di gereja maupun di persekutuan kelompok yang terganggu dengan keberadaan knalpot racing ini," lanjutnya.

Dia pun memastikan, operasi serupa akan terus dilakukan secara rutin guna menekan angka penggunaan knalpot non standar bagi pengendara kendaraan bermotor.

"Intinya, semua yang menjadi keluhan masyarakat wajib direspon. Dan persoalan knalpot racing ini menjadi salah satu atensi kita untuk terus dilakukan operasi penertiban," ungkap Bingku.

Disamping penertiban knalpot non standar, aparat kepolisian juga menyasar para pengendara yang tidak menggunakan masker maupun helm.

"Kepada mereka kami berikan edukasi dan imbauan tentang pentingnya menjaga keselamatan dalam berkendara, termasuk penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19," kuncinya. (HER)

Tentang Sitaro

Sitaro adalah singkatan dari Siau Tagulandang Biaro.

Sitaro merupakan salah satu Kabupaten Kepulauan di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. 

Kabupaten yang beribukota di Ondong Siau ini memiliki luas total 275,96 km2.

Jarak Siau ke Manado, Ibukota Provinsi Sulawesi Utara 146 Kilometer, dengan waktu tempuh 4 jam naik kapal dari Pelabuhan Manado.

Di Sitaro ada Gunung Karangetang.

Salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia dengan letusan sebanyak lebih dari 40 kali sejak 1675 serta banyak letusan kecil yang tidak terdokumentasi pada catatan sejarah.

Saat ini kabupaten ini dipimpin oleh Bupati Sitaro Evangelian Sasingen serta Wakil Bupati John Heit Palandung.(HER)

Baca juga: Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Bitung Kena Banjir dan Longsor 

Baca juga: Dumia Umbanua, Tradisi Unik Desa Laikit Minut di Awal Tahun. Hati Babi Jadi Wadah Beroleh Petunjuk

Baca juga: Gempa di Jawa Timur Pukul 10.39 WIB Senin 3 Januari 2022, Berikut Info Lengkap BMKG Titik Pusatnya

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved