Breaking News:

Berita Sitaro

198 Pejabat Eselon IV Pemkab Sitaro Dilantik jadi Pejabat Fungsional

Sebanyak 198 pejabat eselon IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dilantik

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Ist/Dokumentasi Dinas Kominfo
Bupati Evangelian Sasingen mengambil sumpah dan melantik para pejabat fungsional di lingkungan Pemkab Sitaro 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Sebanyak 198 pejabat eselon IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dilantik dan diambil sumpah menjadi pejabat fungsional, Jumat (31/12/2021).

Pelantikan tersebut merupakan tindaklanjut Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2021 Tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Dalam Jabatan Fungsional.

Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen berharap, para pejabat yang baru dilantik bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan penuh tanggungjawab guna melayani masyarakat.

"Apapun jabatan yang dipercayakan bagi bapak ibu sekalian, hal penting yang harus diingat dan dilaksanakan adalah, jalankan tugas dan fungsi bapak ibu sekalian dengan penuh tanggung jawab," kata bupati dalam sambutannya.

Apalagi, sambung bupati, penyederhanaan birokrasi ini merupakan bagian dari upaya pemerintah pusat terkait manajemen pemerintahan yang bertujuan untuk optimalisasi pelayanan publik.

"Hal ini dimaksudkan agar pelayanan publik lebih cepat dan memperpendek jalur birokrasi di setiap intansi pemerintahan, baik di lembaga kementerian maupun jajaran pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota," ungkap Sasingen.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sitaro, Stengly Langi menyebut, penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional menjadi sebuah keharusan bagi seluruh jajaran pemerintah daerah.

"Kita diberikan deadline atau batas waktu sampai hari ini untuk melaksanakan pelantikan jabatan fungsional. Dan kita baru mendapatakan persetujuan untuk melaksanakan penyederhanaan ini, sehingga proses pelantikan baru dilakukan hari ini," kata Langi.

Dia menambahkan, dengan dilantiknya para pejabat eselon IV tersebut, maka nomenklatur jabatan yang sebelumnya melekat dalam jabatan struktural ikut mengalami perubahan.

"Antara lain analis kebijakan ahli muda, analis kepegawaian ahli muda, pranata humas ahli muda, pranata komputer ahli muda dan sebagainya," beber Langi sembari memastikan peluang untuk diangkat kembali dalam jabatan struktural masih terbuka meski telah dilantik dalam jabatan fungsional.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved