Breaking News:

Berita Sitaro

Waspadai Potensi Lahar Hujan di Kali Batuawang Kelurahan Bebali Kabupaten Sitaro

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur wilayah Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) sejak Senin malam.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian Hermanses/Tribun manado
Material vulkanik yang terbawa lahar hujan di Kali Batuawang Kelurahan Bebali. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur wilayah Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) sejak Senin malam.

Kondisi ini sempat menimbulkan lahar hujan di aliran Kali Batuawang Kelurahan Bebali Kecamatan Siau Timur yang menyeret material vulkanik dari Gunung Karangetang.

Menurut Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Karangetang, Yudi Tatipang, lahar hujan yang menyeret materia vulkanik terjadi sekira pukul 22.30 Wita saat hujan berintensitas sedang hingga lebat terjadi sejak Senin malam.

"Ini perlu diwaspadai, apalagi ketika hujan kembali melanda wilayah Siau dalam durasi yang lama," ungkap Tatipang kepada tribunmanado.co.id, Selasa (28/12/2021).

Dia menyebut, sampai saat ini masih terdapat jutaan kubik material vulkanik Gunung Karangetang hasil erupsi beberapa tahun lalu yang menumpuk di badan gunung.

"Ketika terjadi hujan lebat dengan waktu yang lama, maka bisa memicu terjadi luncuran lahar hujan disertai material vulkanik," lanjutnya.

Tak hanya di Kali Batuawang, pasca guyuran hujan lebat pada Senin malam, tumpukan material vulkanik juga terjadi di kawasan wisata Air Panas Lehi Kecamatan Siau Barat.

Dimana material vulkanik yang didominasi pasir itu mengalir melalui Kali Timbelang Kampung Lehi dan patut diwaspadai oleh masyarakat yang bermukim di daerah sekitar.

"Intinya semua masyarakat yang bermukim di bantaran kali atau sungai dari kaki Gunung Karangetang harus waspada ketika terjadi hujan lebat," kunci Tatipang.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro, Joicson Sagune menyatakan pihaknya telah menyampaikan surat kepada para kepala wilayah se-Sitaro untuk mewaspadai kondisi cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di akhir tahun ini.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved