Breaking News:

Berita Minahasa

Tahun 2022, Pemkab Minahasa Bakal Lakukan Pengurangan Peserta BPJS Kesehatan, Ini Jumlahnya

Pemerintah Kabupaten Minahasa bakal melakukan pengurangan peserta BPJS Kesehatan tahun 2022 mendatang.

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
mejer lumantow/tribun manado
Pemerintah Kabupaten Minahasa bakal melakukan pengurangan peserta BPJS Kesehatan tahun 2022 mendatang. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah Kabupaten Minahasa bakal melakukan pengurangan peserta BPJS Kesehatan tahun 2022 mendatang.

Pasalnya, Pemkab Minahasa masih terkendala dengan alokasi anggaran yang belum mencukupi untuk mengcover jumlah peserta BPJS Kesehatan tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Minahasa Jhon Kapoh membeberkan sebanyak 20 ribu warga Minahasa yang sebelumnya terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggaran Jamiman Sosial (BPJS) Kesehatan dari Pemerintah nantinya akan dicoret.

"Jadi kita akan melakukan pengurangan jumlah warga yang akan ditanggung sebagai peserta BPJS Kesehatan dari 45 ribu jiwa tahun 2021 hanya akan menjadi 25 ribu jiwa," sebut Kapoh, Selasa (28/12/2021).

Dijelaskannya, bahwa alasan pengurangan ini terjadi karena adanya persoalan dalam kemampuan keuangan daerah.

"Hal itu pun telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Minahasa tahun 2022, sehingga warga yang akan masuk dalam tanggungan Pemkab Minahasa di BPJS Kesehatan bakal diverifikasi lagi," terang Kapoh.

"Dimana hanya akan diberikan kepada warga yang benar memiliki atau mengidap penyakit kronis," ujarnya.

Untuk warga lainnya yang bakal dihapus, Kadis Sosial menghimbau untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Mandiri.

"Dalam artian warga yang membayar sendiri iuran bulanannya kepada pihak BPJS Kesehatan, karena sekarang sementara dilakukan finalisasi data siapa saja yang masih akan ditanggung dan dicoret dari kepesertaan Pemkab Minahasa,” jelas Kapoh.

Ditambahkannya, bahwa terkait pengurangan peserta BPJS Kesehatan ini jika telah ada hasil final, maka Pemkab Minahasa akan memberitahukannya kepada para Camat serta Hukum Tua dan Lurah untuk diteruskan kepada masyarakat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved