Pilpres 2024

Pilpres 2024, Erick Thohir Masuk Dalam Bursa Pencalonan: Dia Pengusaha Sukses

Dukungan datang dari pengemudi ojek online dan ibu-ibu rumah tangga atau emak-emak yang tergabung dalam Front Moeda Indonesia.

Editor: Rhendi Umar
Dokumentasi PLN
Pemerintah secara resmi mengalihkan seluruh saham seri B negara pada PT Energy Management Indonesia (Persero) ke PT PLN (Persero). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Nama Erick Thohir kembali masuk dalam bursa Pilpres 2024.

Kali ini dukungan datang dari pengemudi ojek online dan ibu-ibu rumah tangga atau emak-emak yang tergabung dalam Front Moeda Indonesia.

Ketua Umum Front Moeda Indonesia, Erwin Bastian menilai Erick Thohir merupakan pemimpin muda yang energik dan pekerja keras. Erick disebut telah membuktikan kemampuannya membawa perubahan besar di BUMN.

Kemudian, Erwin berkata Erick Thohir sebagai pemimpin bijaksana yang sudah selesai dengan dirinya sendiri, tidak egois, sehingga mampu merangkul segala kalangan.

"Erick Thohir juga pemimpin yang juga seorang pengusaha sukses, dan merdeka karena tidak mempunyai beban sejarah dari masa lalu," ujar Erwin saat deklarasi Front Moeda Indonesia di Jakarta (28/12/2021).

Lebih lanjut, Erwin dkk mengatakan Erick merupakan seorang pemimpin yang pemberani dan memiliki banyak gagasan serta ide cemerlang.

Erick juga mengemban jabatan penting karena rekam jejaknya yang sangat bagus, seperti sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Komunitas Kreatif, Basket, Sepak Bola, hingga UMKM.

Menurutnya, jabatan-jabatan itu relevan dengan anak-anak muda generasi milenial dan Gen-Z penerus bangsa Indonesia.

"Maka dari itu, kami Front Moeda Indonesia yang sudah terkonsolidasi di 9 provinsi seluruh Indonesia, dengan kebulatan tekad, mendeklarasikan dukungan atas pencalonan Erick Thohir sebagai bakal calon presiden Indonesia 2024," ungkapnya.

Lebih dari itu, ia menegaskan deklarasi ini murni atas hasil inisiatif bersama.

“Dengan melihat sosok Erick Thohir kawan-kawan datang ini dengan sendirinya tanpa diundang," ujar Erwin.

Didominasi kepala daerah

Baru-baru ini, Lembaga survei Politika Research and Consulting yang berkolaborasi dengan Parameter Politik Indonesia menyebut sejumlah nama kepala daerah masih mendominasi hasil survei capres.

"Kalau melihat peta koalisi dan pencapresan masih sangat didominasi oleh kepala daerah yang saat ini menjadi kepala daerah yang kemudian juga didominasi oleh elite-elite partai poltik," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno dalam diskusi virtual, Senin (27/12/2021).

Diketahui, sejumlah nama kepala daerah tersebut antara lain Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, hingga Khofifah Indarparawansa.

Adi menambahkan kepala daerah tersebut memiliki tantangan besar ke depannya, apabila mereka sudah habis masa jabatan baik pada 2022 maupun 2023.

Apalagi, pilkada pada tahun 2022 dan 2023 ditiadakan dan dialihkan penyelenggaraannya secara serentak bersaman dengan Pemilu 2024.

"Misalnya dalam beberapa survei yang kita lakukan tantangan terbesar yang dimiliki kepala daerah itu ketika mereka sudah tidak lagi menjadi kepala daerah di 2022 dan di 2023," kata Adi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Menteri BUMN Erick Thohir Kembali Dapat Dukungan Maju ke Pilpres 2024

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved