Breaking News:

Berita Sitaro

Perairan Sitaro Masuk Peringatan Dini Gelombang Tinggi, Berlaku Hari Ini Sampai 28 Desember 2021

BMKG Stasiun Meteorologi Maratim Bitung mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi untuk wilayah Sulawesi Utara.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian Hermanses/Tribun manado
Gelombang tinggi yang kerap melanda wilayah perairan Kabupaten Sitaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maratim Bitung mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi untuk wilayah Sulawesi Utara.

Dalam peringatan dini tersebut, tercantum sejumlah wilayah yang berpotensi terjadi gelombang tinggi, termasuk perairan laut Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Peringatan dini gelombang tinggi ini berlaku mulai tanggal 27 Desember 2021 pukul 08.00 Wita sampai dengan tanggal 28 Desember 2021 pukul 08.00 Wita.

Selain perairan laut Kabupaten Kepulauan Sitaro, wilayah lain yang berpeluang terjadi gelombang tinggi antara lain Laut Sulawesi, perairan Kepulauan Sangihe, perairan Selatan Kepulauan Talaud, perairan Bitung hingga Teluk Tomini dan Laut Maluku.

Adapun tinggi gelombang yang berpeluang terjadi di wilayah-wilayah yang masuk dalam peringatan dini tersebut, yakni antara 1,25 meter hingga 2,50 meter atau kategori sedang.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sitaro, Joicson Sagune membenarkan adanya peringatan dini gelombang tinggi yang dikeluarkan BMKG.

"Informasi ini (peringatan dini gelombang tinggi) telah kami teruskan ke semua kepala wilayah termasuk melakukan koordinasi dengan pihak UPP Ulu Siau karena terkait aktivitas pelayaran," ujar Sagune, Senin (27/12/2021).

Kepada para kepala-kepala wilayah, Sagune bilang pihaknya meminta agar menyampaikan informasi tersebut kepada seluruh masyarakat, khususnya nelayan untuk mewaspadai gelombang tinggi yang berpotensi terjadi hingga besok pagi.

"Jadi diminta kepada seluruh masyarakat, termasuk para nelayan agar melihat perkembangan kondisi cuaca saat akan melaut. Apalagi saat ini kita masih dalam suasana Natal dan menyambut Tahun Baru, harus lebih waspada," ujarnya.

Saat ini, lanjut Sagune pihaknya telah memberlakukan jadwal piket di BPBD Sitaro sebagai upaya respon cepat terhadap setiap laporan yang terkait dengan peristiwa bencana alam.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved