Breaking News:

Berita Mitra

Sanggar Seni Hadra Komit Rawat Kearifan Lokal Belang Mitra

Bantuan dari Kementerian Sosial RI sebesar Rp50 juta dipastikan menjadi titik balik sanggar seni Hadra mewujudkan komitmen.

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Sanggar Seni Hadra komitmen meningkatkan kearifan lokal. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, ManadoSanggar Seni Hadra komitmen meningkatkan kearifan lokal dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) para anggota sanggar yang berjumlah 55 kepala keluarga.

Bantuan dari Kementerian Sosial RI sebesar Rp50 juta dipastikan menjadi titik balik sanggar seni Hadra mewujudkan komitmen tersebut, pasca dampak pandemi COVID-19.

“Kami berkomitmen meningkatkan kearifan lokal di desa melalui nilai-nilai budaya tradisional guna menciptakan rasa aman dan mencegah konflik sosial, serta penyebaran paham radikalisme terorisme,” ungkap Ketua Pengurus Sanggar Seni Hadra, Ramly Pagihari, didampingi Bendahara, Ismet Abraham, Kamis (23/12/2021).

Dengan latar belakang Desa Borgo Satu yang memiliki masyarakat heterogen karena latar belakang etnis campuran sanggar yang sudah berdiri sejak tahun 2010, salah satu alat pemersatu masyarakat yang penduduknya mayoritas nelayan dan petani.

 “Latar belakang pemeluk agama yang 99 persen beragama muslim membuat Sanggar Seni Hadra ini memiliki peran sebagai alat pemersatu,” pungkasnya.

Keberadaan sanggar seni yang dibentuk lewat swadaya masyarakat saat ini memiliki anggota yang cukup banyak.

Sementara walau dengan peralatan yang terbatas akibat keterbatasan anggaran, sanggar seni ini tetap selalu berupaya menghadirkan inovasi dan kreasi yang baik.

“Kami mengapresiasi bantuan kemensos ini dan berterima kasih kepada Bupati James Sumendap yang lewat Dinas Sosial telah mengupayakannya.

Bantuan ini penting bagi kami sebab selain peningkatan nilai budaya, ini menjadi solusi pengembangan fasilitas peralatan Hadra,” ujarnya.

Selain itu, anggota Sanggar Hadra yang mayoritas sebagai nelayan menjadi perhatian para pengurus, sehingga sebagian bantuan ini juga dialokasikan untuk pengembangan SDM lewat penguatan usaha ekonomi produktif untuk pembuatan rompon/rakit.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved