Breaking News:

Berita Sitaro

Terkendala BBM, Pelayaran KM Majestik Kawanua di Sitaro Terhenti

Dua armada kapal cepat, yakni KM Majestik Kawanua dan KM Ekspres Bahari tidak bisa beroperasi karena terkendala pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
KM Majestik Kawanua mengentikan pelayaran akibat terkendala pasokan BBM. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru ini, jumlah penumpang angkutan laut, baik dari dan menuju Pelabuhan Siau Kabupaten Sitaro mengalami peningkatan.

Kondisi ini dipengaruhi tingginya mobilitas masyarakat yang akan melakukan mudik jelang perayaan Natal dan Tahun Baru mendatang.

Sayangnya, di tengah meningkatnya jumlah penumpang ini, dua armada kapal cepat, yakni KM Majestik Kawanua dan KM Ekspres Bahari justru tidak bisa beroperasi karena terkendala pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Berdasarkan informasi yang diperoleh tribunmanado.co.id, pelayaran rute Pelabuhan Siau-Pelabuhan Tagulandang-Pelabuhan Manado saat ini hanya dilayani KM. Marina Bay dan KM. Venecian serta dua kapal milik PD Pelayaran, yakni KMP Lokong Banua dan KMP Lohoraung.

“Saat ini hanya ada dua armada, selain kapal dari PD Pelayaran, yakni KM Marina Bay dan KM Venecian.

Sedangkan dua armada kapal cepat tidak jalan karena terkendala masalah BBM,” ungkap Demestrius Vinaung, Pelaksana harian (Plh) Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Ulu Siau beberapa waktu lalu.

Kondisi ini tentunya menimbulkan kepadatan penumpang di setiap armada kapal yang akan berangkat menuju Pelabuhan Manado maupun yang baru tiba di Pelabuhan Ulu Siau.

Berdasarkan catatan pihak UPP Kelas III Ulu Siau, peningkatan jumlah penumpang terjadi sejak awal pekan ini dengan angka mencapai 15 hingga 20 persen.

“Tapi jumlah ini belum melampaui kapasitas  kapal atau dispensasi yang ada di dokumen kapal. Kami bisa melihat itu dengan adanya pemeriksaan di lapangan,” beber Vinaung

Meski demikian pihak UPP Kelas III Ulu Siau bersama PT. PELNI langsung menyiapkan satu armada KM. Sabuk Nusantara 69 untuk melayani rute pelayaran pengganti kapal cepat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved