Breaking News:

Olly Dondokambey

Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Monumen Patung Schwarz di Langowan Minahasa

Patung tembaga pertama di Sulut ini diresmikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey yang ditandai dengan penandatanganan prasasti

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Aldi Ponge
Tribun Manado/Mejer Lumatow
Monumen Patung Johann Gottlieb Schwarz di Langowan diresmikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, bersama Mayjen (Purn) Glenny Kairupan, didampingi Ketua Sinode GMIM Pdt Hein Arina, Senin (20/12/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Tondano - Setelah melalui proses pemugaran yang memakan waktu beberapa bulan, monumen patung Misionaris Johann Gottlieb Schwarz dari tembaga akhirnya diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey.

Peresmian dilangsungkan di depan gereja GMIM Sentrum Langowan, Senin (20/12/2021).

Patung tembaga pertama di Sulut ini diresmikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh orang nomor satu di Sulut ini.

Dalam proses peresmiannya, juga dilaksanakan ibadah yang dipimpin oleh ketua Sinode GMIM Pdt Hein Arina, yang juga memberikan apresiasi kepada pihak yang telah bertanggung jawab atas pengerjaan proyek tersebut.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, karena telah menjadi inisiator dan juga membiayai pembuatan patung ini.

"Puji Tuhan hari ini kita resmikan replika patung Schwarz ini, dan ini juga merupakan warisan bagi anak cucu kita untuk mereka bisa mengingat Injil masuk di tanah Minahasa. Saya berharap ini dapat menjadi berkat bagi kita semua terlebih khusus GMIM. Semoga Tuhan memberkati kita semua," ungkap Olly Dondokambey.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemugaran Patung Schwarz Ferdinand Mewengkang yang juga selaku koordinator lapangan menyampaikan, pengerjaan proyek ini sebelumnya telah mendapatkan persetujuan dari pihak Pemerintah Sulut, Sinode GMIM, Pemerintah Kabupaten Minahasa, para penggagas awal berdirinya patung ini, dan warga Langowan.

"Patung ini dikerjakan oleh pematung asal Yogyakarta, Dunadi yang memakan waktu kurang lebih empat bulan. Tinggi keselurahan dari patung ini adalah dua belas meter, dan ditopang oleh enam pilar penyangga yang semakin memperkokoh berdirinya replika ini," jelasnya. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara, Asiano Kawatu, Wali Kota Tomohon, Carrol Senduk, Wakil Wali kota Tomohon, Wenny Lumentut, Mayjen TNI (Purn) Glenny Kairupan yang mewakili Prabowo Subianto, Asisten I bidang Pemerintahan Kabupaten Minahasa, Riviva Maringka, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Minahasa, Wenny Talumewo, Kadis Pariwisata Kabupaten Minahasa, Teddy Sumual, dan Kadis Kesehatan Kabupaten Minahasa, dr. Maya Rambitan. 

Tentang Minahasa

Kabupaten Minahasa adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Tondano, dengan luas wilayah kabupaten 1.025,85 km².

Kabupaten Minahasa memiliki 25 kecamatan, 43 kelurahan dan 227 desa (dari total 171 kecamatan, 332 kelurahan dan 1.507 desa di seluruh Sulawesi Utara.

Saat ini Kabupaten Minahasa dipimpin oleh Bupati Royke Octavian Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey. (Mjr)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved