Breaking News:

Berita Sitaro

Dishub Sitaro Cek Kesiapan Angkutan Umum Jelang Nataru

Keberadaan angkutan umum menjadi salah satu kebutuhan utama di tengah tingginya mobilitas masyarakat dalam menyambut Natal dan Tahun Baru

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Dokumentasi Dishub Sitaro
Petugas Dishub Sitaro melakukan ramcek kendaraan angkutan umum di Terminal Ulu Siau 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Keberadaan angkutan umum menjadi salah satu kebutuhan utama di tengah tingginya mobilitas masyarakat dalam menyambut Natal dan Tahun Baru.

Untuk memastikan kelayakan setiap angkutan umum yang beroperasi, Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melakukan ramcek atau kelayakan kendaraan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sitaro, Indra Purukan menjelaskan, pemeriksaan dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi setiap penumpang angkutan umum.

“Ada dua hal yang kita periksa. Pertama dari sisi dokumen administrasi kendaraan umum mencakup ijin trayek hingga kir. Seterusnya ada pemeriksaan visual kondisi kendaraan seperti lampu penerangan hingga kondisi ban,” kata Purukan, Selasa (21/12/2021).

Dari pemeriksaan yang dilaksanakan di area Terminal Ulu Siau, pihak Dishub Sitaro mendapati adanya angkutan umum yang tidak layak jalan, baik dari sisi administrasi maupun kondisi kendaraan.

“Para sopir maupun pemilik angkutan umum ini kita arahkan untuk melakukan pengurusan administrasi dan perbaikan setiap komponen kendaraan yang tidak layak,” kata Purukan.

Dalam rangka menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru, Purukan bilang pihaknya akan rutin melakukan pengawasan terhadap setiap angkutan umum, khususnya saat menaikan dan menurunkan penumpang di area terminal.

“Kami juga akan menyiagakan petugas kami di lapangan, khususnya di tempat-tempat rawan macet seperti pasar maupun pusat-pusat perbelanjaan. Hal ini perlu dilakukan guna menjamin kelancaran arus lalu lintas jelang Natal dan Tahun Baru nanti,” ungkap Purukan.

Data yang diperoleh tribunmanado.coi.id mencatat, jumlah keseluruhan angkutan umum yang ada di wilayah Siau mencapai 65 kendaraan yang terdiri atas 46 angktan pedesaan dan 19 angkutan kota.

Dengan jumlah tersebut, diperkirakan seluruh angkutan umum pedesaan di wilayah Siau dapat melayani 690 orang setiap harinya, dengan estimasi satu kendaraan dapat menampung 15 orang.

Sedangkan untuk angkutan umum dalam kota diperkirakan bisa melayani 228 penumpang setiap harinya dengan jumlah penumpang per kendaraan mencapai 12 orang. (HER)

Baca juga: Wawali Kotamobagu Nayodo Koerniawan Buka Lurah Cup U-12 di Kelurahan Gogagoman

Baca juga: Ingat, Berdoa Sebelum Tidur, Ini Bacaan Doa Lengkapnya

Baca juga: Susi Pudjiastuti Sindir Pemerintah soal Karantina: Pejabat Boleh di Rumah, Masyarakat Tidak Boleh

 

 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved