Breaking News:

Berita Bolmong

Masyarakat Dusun V Kotabunan Kabupaten Boltim Minta Kejelasan Soal Status Tanah Adat

Masyarakat Dusun V Desa Kotabunan Bolaang Mongondow Timur mengadakan pertemuan membahas tentang tuntutan atas hak masyarakat kepada pemerintah Boltim

Rustaman Paputungan/Tribun Manado
Pertemuan masyarakat Dusun V Desa Kotabunan Bolaang Mongondow Timur 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Masyarakat Dusun V Desa Kotabunan Bolaang Mongondow Timur mengadakan pertemuan membahas tentang tuntutan atas hak masyarakat kepada pemerintah Boltim, Minggu (19/12/2021).

Tuntutan terkait Hak Tanah Adat Masyarakat yang ada di Dusun V Kotabunan (panang) yang oleh pemerintah Negara Republik Indonesia dialihfungsikan menjadi Hak Guna Usaha PT Bounyat Sentral Asia (PT BSA) sebagai lahan pertanian perkebunan kebondian 1 Ex Erpacht Verponding.

Masyarakat setempat menuntut agar pemerintah dan stakeholder dalam hal ini PT BSA bisa memberikan hak tanah adat sebesar 5 Ha yang telah di duduki masyarakat dari total 395 Ha yang di kelola oleh PT BSA.

Bayu Damopolii kepada Tribunmanado.co.id mengatakan, bersama ketua adat Arsad Mokoagow Desa Kotabunan menginisiasi rapat ini agar seluruh masyarakat yang tinggal dan menetap di Dusun V Kotabunan bisa mendapatkan Hak Tanah atas tanah yang mereka tempati.

"Ini tanah kami dan sudah 9 generasi kami mendiami dan tinggal di tanah sini. Bahkan jauh sebelum Kerajaan Bolaang Mongondow bergabung dengan NKRI, kami sudah tinggal dan menetap disini.

Kami sudah tinggal dan menetap disini, terlalu tidak wajar kalau mereka tidak memberi hak kami, walaupun hanya sepenggal tanah," ucap Bayu.

Sementara Camat Kotabunan Frida Manoppo mengatakan kalau kehadirannya kapasitas diundang oleh masyarakat dan saya sudah sampaikan kepada asisten satu.

"Pada intinya selaku pemerintah Kecamatan akan berusaha dan siap menampung aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat yang ada di dusun V Kotabunan," sebutnya.

Tentang Boltim

Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (disingkat Boltim) adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara.

Kabupaten Boltim beribukota Tutuyan. 

Jarak Kota Tutuyan ke Manado, Ibukota Provinsi Sulut 124,2 km lewat Jl Ratahan - Kotamobagu atau bisa ditempuh 3 jam 22 menit.

Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Bolaang Mongondow.

Peresmian dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Mardiyanto di Manado pada hari Selasa, 30 September 2008.

Kabupaten Bolaang Mongondow Timur terdiri dari 7 kecamatan dan 81 desa, dengan luas wilayah 910,18 km²

Saat ini Kabupaten Boltim dipimpin Bupati Sam Sachrul Mamonto dan Wakil Bupati Oskar Manoppo.

Baca juga: Perubahan yang Dirasakan Yoris Saat Hari Ultah Amalia Mustika Ratu Korban Pembunuhan di Subang

Baca juga: Gempa Tadi Pukul 06.30 WIB Senin 20 Desember 2021, Guncang Jawa Barat, Ini Info BMKG Magnitudonya

Baca juga: Omicron Terdeteksi Masuk Sulut, Ini Kata Pengamat Epidemiologi

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved