Breaking News:

Berita Taluad

Warga Talaud Diminta Waspadai Gelombang Tinggi

Untuk wilayah yang berpotensi terdampak yaitu wilayah pesisir Utara dan timur kabupaten Sangihe, pesisir bagian Utara

Penulis: Ivent Mamentiwalo | Editor: Aldi Ponge
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
ILUSTRASI: Gelombang tinggi yang terjadi di perairan laut Sitaro akibat cuaca ekstrem. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  mengeluarkan peringatan cuaca buruk serta potensi terjadinya banjir pesisir dibeberapa wilayah di Sulawesi Utara pada 18-22 Desember 2021 . 

Untuk wilayah yang berpotensi terdampak yaitu wilayah pesisir Utara dan timur kabupaten Sangihe, pesisir bagian Utara dan timur kabupaten kepulauan Talaud   pesisir timur Kabupaten Sitaro dan pesisir wilayah kota Bitung.  

Ke empat wilayah tersebut sangat berpotensi terjadinya banjir pesisir atau meningkatkannya volume air sehingga akan berpotensi terjadinya abrasi pantai.

Hal tersebut berpotensi terjadi dikarenakan adanya fase bulan purnama dan peningkatan gelombang laut yang dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang Air laut maksimum yang lebih signifikan dan tentunya akan berdampak pada kegiatan pada sektor perikanan tangkap, aktivitas bongkar muat kapal di pelabuhan.  

Charles Maariwut, Plh Kepala kantor Syahbandar Melonguane
Charles Maariwut, Plh Kepala kantor Syahbandar Melonguane (Tribun Manado/Ivent Mamentiwalo)

Plh Kepala kantor otoritas Pelabuhan Melonguane  Charles Maariwut saat dikonfirmasi Tribun Manado Sabtu (18/12/2021) membenarkan adanya surat edaran tersebut mengenai waspada cuaca buruk diwilayah pesisir Talaud

Charles mengimbau kepada warga terutama yang bermukim di pesisir pantai untuk tetap waspada akan potensi adanya perubahan cuaca tersebut. 

Carles juga mengimbau kepada masyarakat dan para pemilik jasa transportasi laut untuk tetap mengedepankan SOP keselamatan saat berlayar

Tentang Talaud

Talaud adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia, dan merupakan kepulauan paling utara di Indonsia Timur. 

Kabupaten yang beribukota Melonguane ini berbatasan dengan daerah Davao del Sur, Negara Filipina di sebelah utara.

Luas laut Kabupaten Talaud sekitar 37.800 km² dan luas wilayah daratan 1.251,02 km².

Dari Melonguane ke Kota Manado berjarak 350 km, sekitar 14 jam perjalanan lewat laut dan 1 jam lebih perjalanan dengan pesawat.

Terdapat tiga pulau utama di Kabupaten Kepulauan Talaud, yaitu Pulau Karakelang, Pulau Salibabu, dan Pulau Kabaruan.

Saat ini Kabupaten Talaud dipimpin oleh Bupati Talaud Elly Engelbert Lasut atau Elly Lasut dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved