Breaking News:

Berita Sitaro

Bupati Sitaro Evangelian Sasingen Warning Seluruh Kapitalau Soal Pengelolaan Keuangan

Sasingen menyentil soal pengelolaan keuangan di tiap-tiap kampung, baik yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (Dandes).

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Bupati Sitaro, Evangelian Sasingen. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Akhir pecan lalu, Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Evangelian Sasingen mengambil janji dan melantik 10 Kepala Desa (Kapitalau) terpilih.

Mereka adalah Kapitalau hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021.

Orang nomor satu di daerah berjuluk Negeri 47 Pulau itu menyampaikan berbagai pesan kepada para kapitalau terpilih, terkait pelaksanaan tugas dan tanggung jawab selama enam tahun kedepan.

Jelang akhir arahannya, Sasingen menyentil soal pengelolaan keuangan di tiap-tiap kampung, baik yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (Dandes).

Dimana dari hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara yang dilakukan tahun ini, didapati banyaknya temuan dalam hal pengelolaan keuangan di desa.

“Yang diambil sampel tahun ini untuk pemeriksaan kurang lebih 20 kampung. Dan sangat banyak temuan yang ada dalam pemerintah kampung. Mohon ini diperhatikan,” tegas bupati dalam arahannya.

Menurutnya, pada tahun 2022 mendatang, audit pengelolaan keuangan akan dilakukan BPK Perwakilan Sulawesi Utara secara menyeluruh di 83 kampung yang tersebar di seluruh Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Hal ini, sambung Sasingen, menjadi tanda awas bagi seluruh kapitalau agar lebih optimal dalam mengelola keuangan, termasuk di dalamnya persoalan pembangunan hingga penyaluran bantuan sosial.

“Seperti halnya pembangunan-pembangunan di desa yang tidak sesuai volume. Dan yang paling utama terkait pembagian bantuan social yang tidak sesuai sasaran,” ungkap bupati.

Dalam hal pemberian bantuan sosial di setiap wilayah, termasuk kelurahan dan kampung menjadi domain dan kewenangan pemerintah setempat dengan memperhatikan syarat dan ketentuan penerima bantuan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved