Berita Bitung

Satresnarkoba Polres Bitung Amankan Ribuan Butir Obat Bebas Terbatas

Ribuan butir obat bebas terbatas, jenis Neomethor harus diamankan polisi dari tangan seorang pedagang di wilayah Girian kota Bitung

Ist/Kasat narkoba Polres Bitung
Ribuan butir neomethor diamankan Satuan Resnarkoba Polres Bitung 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Ribuan butir obat bebas terbatas, jenis Neomethor harus diamankan polisi dari tangan seorang pedagang di wilayah Girian kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Pasalnya, peredaran ribuan obat tersebut diduga bakal disalah gunakan sehingga oleh tim Opsnal Satuan Resnarkoba Polres Bitung diamankan dari laki-laki A alis Daeng (38), di warung miliknya yang berada di sekitar kecamatan Girian kota Bitung, Jumat (10/11/2021).

"Jadi tim Opsnal Satuan Resnarkoba juga berhasil menemukan serta menyita 2.300 butir obat jenis Neomethor siap edar yang diduga kuat milik lelaki tersebut," kata Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma Irawan kapolres Bitung melalui AKP Derry Eko Setiawan, Kasat Resnarkoba Polres Bitung, Minggu (12/12/2021).

Ribuan pil itu, diamankan dalam 23 kemasan dus setiap dus berisi 100 butir.

Lanjut AKP Derry Eko Setiawan mengatakan, penangkapan ini merupakan tindak lanjut dari informasi warga serta antisipasi peredaran dan penyalahgunaan obat bebas terbatas jelang perayaan Natal dan Tahun baru yang dilaksanakan Sat Resnarkoba Polres Bitung.

Laki-laki A alias Daeng bersama barang bukti 2.300 butir obat jenis Neomethor, hingga berita ini ditangkum sudah diamankan di Mapolres Bitung untuk proses lanjut penyidikan lanjut

Atas kasus ini, A alias Daeng kita jerat dengan pasal 196 jo pasal 98 ayat 2 Undang-undang nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

"Untuk mempertanggung jawabkan perbuatan nya, diancaman hukuman nya bisa 10 tahun kurangan penjara", tegas Kasat Resnarkoba Polres Bitung.

AKP Derry Eko Setiawan SIK menjelaskan, obat Neomethor merupakan obat bebas terbatas, dan jenis obat ini banyak dijual bebas di kota Bitung dan dikonsumsi masyarakat dalam kapasitas banyak tanpa resep dokter.

Neomethor merupakan obat bebas terbatas, sangat disayangkan jika dijual dan dibeli bebas di kios-kios selain Apotik.

Lalu dikonsumsi warga dalam kapasitas banyak tanpa aturan pakai, sangat berbahaya bahkan berpotensi mengakibatkan kematian.

Aalagi itu di konsumsi oleh anak-anak remaja yang masih berusia sekolah.

"Semoga ini menjadi pembelajaran kita bersama dalam mencegah penyebaran dan penyalahgunaan obat bebas terbatas tanpa tanpa izin khususnya di wilayah kota Bitung," tandasnya.(crz)

Tentang Bitung

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved