Breaking News:

RHK Kamis 9 Desember 2021

BACAAN ALKITAB   Maleakhi 4:4 - Menaati Firman Tuhan

Setelah pulang dari tawanan di Babel selama 70 tahun, bangsa Israel membangun kembali Bait Allah.

Editor: Aswin_Lumintang
Kolase Tribun Manado / Istimewa
Bacaan Alkitab, Hari Tuhan 

  Maleakhi 4:4
TRIBUNMANADO.CO.ID - Setelah pulang dari tawanan di Babel selama 70 tahun, bangsa Israel membangun kembali Bait Allah. Namun, seiring dengan berbagai berkat dan kasih karunia Allah, terutama pemulihan dan perlindungan-Nya, bangsa itu mulai menyeleweng terhadap hukum, peraturan dan ketetapan Tuhan, yakni Hukum Taurat.

Banyak yang menyembah berhala, dan melakukan berbagai kejahatan kekejiaan di mata Tuhan. Hal ini membuat nabi Maleakhi menyerukan agar mereka bertobat. Sebab kalau tidak, mereka pasti dihukum, bukan hanya di dunia tapi sampai pada kekekalan.

Ilustrasi.
Ilustrasi. (SHUTTERSTOCK)

Maleakhi pun memperingatkan seluruh bangsa Israel tanpa kecuali, agar kembali ke jati diri bangsanya, yakni sebagai bangsa kesayangan Allah yang hidup takut akan Tuhan. Hal ini tentunya ditandai dengan ketaatan mereka kepada Taurat Allah.

Kitab bahkan hukum Taurat yang disampaikan Musa yang diterimanya langsung dari Allah di gunung Sinai atau Horeb, haruslah diingat-ingat, dan terus diajarkan kepada anakcucu dan dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah hukum dan panduan hidup umat Israel. Tolok ukur dan tata cara kehidupan umat Israel dibingkai atau dituntun dengan hukum Taurat yang diterima Musa setelah berpuasa selama 40 hari dan 40 malam, sampai 2 kali dia melakukannya. Itulah hukum dan ketetapan hidup orang Israel.

Demikian firman Tuhan hari ini.
  "Ingatlah kepada Taurat yang telah Kuperintahkan kepada Musa, hamba-Ku, di gunung Horeb untuk disampaikan kepada seluruh Israel, yakni ketetapan-ketetapan dan hukum-hukum." (ay 4)

Umat Israel diajarkan atau dididik memelihara hidup yang takut akan Tuhan dengan mempedomani hukum Taurat sebagai panduan hidupnya. Sebab, apa saja yang harus dilakukan oleh orang Israel di negerinya, bahkan di mana saja, harus berdasarkan hukum Taurat.

Dan, ketetapan-ketetapan itu harus terus diajarkan kepada semua orang Israel dan keturunannya dalam segala zaman dan situasi, serta harus dilakukan dalam kehidupan setiap. Hukum Taurat merupakan panduan dan tolok ukur life style orang Israel ketika itu. Ini yang ditegaskan nabi Maleakhir untuk selalu diingat-ingat oleh orang Israel.

Dalam perspektif kehidupan umat Kristen saat ini, hukum Taurat itu adalah firman Tuhan, yakni Alkitab. Orang Kristen yang tidak hidup menurut firman Tuhan, bukanlah orang Kristen yang benar, apalagi disebut sebagai orang Kristen sejati.

Orang Kristen yang benar dan sejati adalah mereka yang melakukan firman Tuhan secara utuh dalam segenap aspek kehidupannya. Alkitab harus menjadi standar hidup orang Kristen. Jadi, life style kita harus sepadan dan sebangun dengan firman Tuhan.

Tapi bagaimana kita tahu firman Tuhan, kalau kita tidak pernah membaca Alkitab? Bagaimana kita tahu cara hidup orang Kristen yang benar kalau kita jauh dari persekutuan jemaat dan tak pernah beribadah kepada Tuhan?

Itulah sebabnya, Maleakhi mengingatkan kita juga saat ini, agar selalu mengingat firman Tuhan. Mengingat firman Tuhan berarti taat dan setia memberlakukan firman Tuhan dalam hidup kita.

Kita juga diingatkan agar mengajarkan firman Tuhan yang adalah kehendak Kristus dalam hidup kita. Tapi bagaimana mungkin kita mengajarkan firman Tuhan, kalau kita tidak pernah belajar tentang firman Tuhan.

Karena itu, sebagai keluarga dan umat Kristen kita harus mengikuti dan menaati firman Tuhan, memberlakukannya dalam kehidupan kita dan mengajarkannya kepada keluarga, anakcucu dan orang-orang yang ada di sekitar kita. Jadikanlah firman Tuhan sebagai gaya hidup kita sebagai wujud ketaatan kita kepada Tuhan Yesus. Sehingga kehidupan kita senantiasa berada dalam perlindungan dan pertolongan serta kasih karunia Kristus, kini dan selamanya. Amin

 DOA: Tuhan Yesus, ajarlah kami selalu rajin membaca firman-Mu dan taat melakukannya dalam kehidupan kami setiap saat. Amin

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved