Breaking News:

Berita Sitaro

RAPBD Kabupaten Sitaro Tahun 2022 Menunggu Jadwal Evaluasi di Pemprov Sulut

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) bersama DPRD telah menyepakati Ranperda APBD tahun anggaran 2022

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian Hermanses/Tribun manado
Penandatangan persetujuan bersama antara pemerintah dan DPRD terkait RAPBD tahun anggaran 2022 yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) bersama DPRD telah menyepakati Ranperda APBD tahun anggaran 2022 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan berita acara persetujuan bersama antara Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen dan Pimpinan DPRD dalam rapat paripuran beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Sitaro, Rolly Korengkeng mengatakan, pasca persetujuan bersama, RAPBD Tahun Anggaran 2022 tersebut akan dievaluasi di Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

“RAPBD sementara berproses dan saat ini masih menunggu jadwal evaluasi di pemerintah provinsi,” kata Korengkeng saat dihubungi tribunmanado.co.id, Senin (6/12/2021).

Disentil tentang besaran anggaran yang akan digunakan pada tahun 2022 mendatang, khususnya pengalokasian dana untuk penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi hingga infrastruktur, Korengkeng masih enggan menyebut angka dikarenakan RAPBD tersebut belum ditetapkan.

“Nanti setelah penetapan akan kita infokan. Saat ini kan masih beproses,” ujar pejabat jebolan STPDN itu.

“Untuk waktu penetapan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, paling lambat 31 Desember 2021 ini,” timpalnya.

Berdasarkan laporan hasil rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), struktur APBD tahun 2022 mencatat angka Rp 563.753.970.533 untuk pendapatan daerah, Rp 582.141.217.971 untuk belanja daerah serta Rp 18.387.247.438 untuk pembiayaan daerah.

Dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung ini, DPRD Sitaro meminta kepada pemerintah daerah agar memberikan perhatian khusus untuk penanganan kesehatan, perlindungan social hingga pemulihan ekonomi.

“Seterusnya agar pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022 ini dapat dilaksanakan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Hans Kalangit, Ketua Banggar DPRD. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved