Breaking News:

Berita Bolmong

Bencana Hidrometeorologi Mulai Incar Kabupaten Bolmong, Berikut Himbaun BPBD

BPBD Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, mengungkapkan, wilayah Kabupaten Bolmong dan sekitarnya berpotensi diterjang bencana

Penulis: Nielton Durado | Editor: Chintya Rantung
IST/BPBD Bolmong
Rumah warga di Kabupaten Bolmong yang terdampak banjir Rob. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, mengungkapkan, wilayah Kabupaten Bolmong dan sekitarnya berpotensi diterjang bencana Hidrometeorologi.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Di Selasa (6/12/2201) menyebutkan, bencana Hidrometeorologi saat ini terus mengintai wilayah Bolmong.

Akibatnya, wilayah Bolmong berpotensi terjadi banjir, banjir bandang, tanah longsor maupun gelombang air laut pasang (rob).

Fenomena La Nina yang terjadi saat ini sesuai analisa BMKG masih akan terjadi hingga awal tahun depan.

“Sehingga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bersama, dibutuhkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi setiap potensi ancaman bencana,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Bolmong Syahril Mokoagow, saat dihubungi Tribunmanado.co.id.

BPBD Bolmong menyebutkan, kondisi pesisir Pantura Bolmong saat ini gelombang pasang terjadi hampir merata di wilayah pesisir.

Kondisi ini disebabkan oleh fase bulan baru bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat Bulan ke Bumi), dan adanya peningkatan gelombang laut.

Sehingga pada saat sore hingga malam hari terjadi banjir pesisir yang menyebabkan puluhan rumah masyarakat terdampak di wilayah Poigar, Bolaang, Lolak hingga Sang Tombolang.

Imbauan BPBD Bolmong

BPBD Bolmong mengimbau masyarakat khususnya yang bermukim di wilayah sempadan sungai, perbukitan dan pesisir pantai sebagai berikut:

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved