Breaking News:

Berita Sitaro

KPU Tetapkan Jumlah Pemilih di Sitaro per November 2021 Sebanyak 53.012 Orang

Angka itu ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sitaro melalu rapat pleno setelah melakukan Pemuktakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB).

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
KPU Sitaro
Rapat koordinasi yang diselenggarakan KPU Sitaro bersama pihak terkait dalam rangka persiapan penetapan hasil PDPB November 2021. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Jumlah masyarakat wajib pilih di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) per November tahun 2021 ini bertambah 15 orang dibandingkan bulan Oktober sebelumnya.

Angka itu ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sitaro melalu rapat pleno setelah melakukan Pemuktakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) periode November 2021 pertengahan pekan lalu.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Sitaro, Arther Tamaka, menjelaskan, proses PDPB periode November 2021 didasarkan hasil koordinasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Sitaro.

"Dari koordinasi ini, kita (KPU) memperoleh data penduduk yang akan berusia 17 tahun, data penduduk meninggal serta data penduduk pindah masuk dan keluar Kabupaten Sitaro," jelas Tamaka, Minggu (5/12/2021).

Adapun data pemilih berkelanjutan hasil pemuktakhiran periode November yakni berjumlah 53.012 pemilih, dengan rincian 26.358 pemilih laki-laki dan 26.654 pemilih perempuan yang tersebar di 10 Kecamatan dan 93 Desa/Kelurahan di Kabupaten Sitaro.

"Jumlah potensi pemilih baru sebanyak 92 pemilih, dan pemilih TMS (Tidak Memenuhi Syarat) yaitu 77 pemilih. 

Dibandingkan dengan hasil PDPB periode Oktober, terdapat peningkatan jumlah pemilih yaitu sebanyak 15 pemilih.

Dimana pada periode sebelumnya jumlah pemilih di Sitaro berjumlah 52.997 pemilih," kata Tamaka.

"Untuk data hasil pemutakhiran periode November ini telah dituangkan dalam berita acara rekapitulasi data pemilih berkelanjutan, dan diserahkan kepada pihak Bawaslu, Dinas Dukcapil serta perwakilan Partai Politik di wilayah Sitaro," timpalnya.

Sebelum melakukan pleno penetapan DPB periode November 2021, pihak KPU Sitaro telah menggelar rapat koordinasi bersama Bawaslu Sitaro, serta perwakilan Dinas Dukcapil.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved