Breaking News:

Berita Sitaro

Kabupaten Sitaro Dilanda Cuaca Ekstrem, Berikut Daerah Rawan Bencana

Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menjadi salah satu daerah yang diperkirakan bakal mengalami kondisi cuaca ekstrem.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Kalak BPBD Sitaro, Joicson Sagune. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya cuaca ekstrem yang menghantam Indonesia hingga 9 Desember 2021 mendatang.

Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menjadi salah satu daerah yang diperkirakan bakal mengalami kondisi cuaca ekstrem berupa angina kencang yang disertai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Berdasarkan peringatan yang dikeluarkan BMKG tersebut, pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro telah mengeluarkan surat himbauan yang ditujukan kepada seluruh jajaran pemerintah daerah hingga kepala-kepala wilayah tingkat kecamatan, keluarahan dan kampung.

“Kita sudah menyampaikan surat surat himbauan terkit kondisi cuaca ini dan awal pecan lalu telah dipertegas dengan surat sebagai tindaklanjut himbauan pemerintah provinsi,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Sitaro, Joicson Sagune.

Dalam surat himbauan tersebut, pemerintah meminta kepada seluruh masyarakat yang bermukim di daerah-daerah rawan bencana seperti bantaran kali, kawasan pegunungan atau perbukitan hingga pesisir pantai untuk mewaspadai kondisi cuaca yang terjadi saat ini.

“Termasuk para nelayan juga diminta untuk melihat setiap perkembangan cuaca yang terjadi sebelum beraktivitas di laut. Para Camat, Lurah dan Kapitalau juga diingatkan untuk terus memonitoring wilayah masing-masing.

Ketika terjadi sesuatu, langsung melaporkan kepada pemerintah daerah,” ujar Sagune.

Terkait cuaca ekstrem seperti saat ini, Sagune menyebut beberapa daerah yang dikategorikan rawan bencana alam seperti Kecamatan Siau Barat Utara, Kecamatan Siau Barat dan Siau Barat Selatan sebagian, Kecamatan Siau Timur Bagian Utara, sebagian Siau Timur Selatan hingga wilayah Tagulandang.

“Kita sudah melakukan pemetaan daerah-daerah yang rawan terhadap bencana alam. Kecamatan Siau Barat Utara secara menyeluruh itu rentan dengan tanah longsor dan banjir lahar dingin.

Siau Barat dan Siau Barat Selatan itu rawan banjir bandang. Siau Timur bagian utara sering terjadi tanah longsor dan putting beliung.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved