Breaking News:

Berita Tomohon

Linmas se Kota Tomohon Dapat Pembekalan Peningkatan Kapasitas

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparat dalam rangka Pelaksanaan Siskamswakarsa

Penulis: Hesly Marentek | Editor: Chintya Rantung
Humas Pemkot Tomohon
Wawali Tomohon Wenny Lumentut dalam membuka kegiatan Siskamswakarsa. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparat dalam rangka Pelaksanaan Siskamswakarsa di Daerah, Jumat (3/12/2021).

Kegiatan ini dibuka Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut yang sekaligus menjadi narasumber mengenai Perekrutan dan Pembentukan Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat.

Menurut Wenny Lumentut untuk melihat sejauh mana partisipasi masyarakat dalam upaya pengamanan wilayah.

Salah satu indikasinya yaitu peran aktif anggota Linmas dalam menjaga kondusifitas lingkungan dan juga keberadaan Poskamling di setiap lingkungan.

"Karena melalui ketersediaan dan pengoperasian Poskamling telah mencerminkan adanya wujud kebersamaan dan kepedulian dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta mempunyai pengaruh yang penting untuk mengurangi angka kriminalitas di masyarakat," kata Wenny Lumentut.

"Dengan demikian merupakan wujud keterlibatan masyarakat dalam Siskamswakarsa," tambahnya dihadapan para Linmas yang menjadi peserta.

Lebih lanjut Wenny Lumentut menyebut sebagai komponen masyarakat yang memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat.

Maka Satuan Linmas memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga dan memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

"Serta membantu dalam penanggulangan bencana alam maupun non bencana alam di kelurahan selain peran dalam menggerakkan dan mengendalikan Siskamswakarsa," jelasnya.

Untuk itu, diharapkan kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan para anggota Linmas dalam menyikapi situasi dan kondisi masyarakat.

Serta mampu mewujudkan Siskamswakarsa yang prosedural, adil dan manusiawi.

"Diharapkan anggota Linmas dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga materi yang nantinya diberikan bermanfaat terhadap pelaksanaan tugas di bidang perlindungan masyarakat," pungkas Wenny Lumentut.

Turut hadir menjadi Narasumber yakni Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Herbert Andi Amino Sinaga, S.I.P., Kasat Binmas Polres Tomohon AKP. Arie Hasan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Jusak Toar Pandeirot. (hem)

Baca juga: Kisah Second Chance Cafe, Kedai Kopi yang Karyawannya Adalah para Napi

Baca juga: Sulut Dapat Rp 22 Triliun dari Pusat, Pengamat Ekonomi Harap Bisa Bermanfaat untuk Masyarakat

Baca juga: Aksi Penyandang Disablitas di Kota Bitung Bikin Haru

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved