Breaking News:

Berita Sulut

BI Sebut Tekanan Inflasi di Sulut Turun Menjelang Akhir Tahun, Ini Faktor Pemicunya 

IHK Kota Manado tercatat inflasi sebesar 0,03 persen (mtm). Sedangkan IHK Kotamobagu tercatat deflasi sebesar 0,53 persen (mtm) pada November 2021.

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Ivent Mamentiwalo
Warga belanja komoditas Barito (bawang, rica dan tomat) di sebuah pusat pasar swalayan di Kota Manado, belum lama ini. Komoditas holtikuktura dan perikanan selalu menjadi pemicu inflasi di Sulut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Indeks Harga Konsumen (IHK) di Kota Manado dan Kota Kotamobagu kembali mencatatkan penurunan pada Bulan November 2021. 

IHK Kota Manado tercatat inflasi sebesar 0,03 persen (mtm). Sedangkan IHK Kotamobagu tercatat deflasi sebesar 0,53 persen (mtm) pada November 2021. 

Tekanan inflasi tersebut cenderung lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang masing-masing tercatat inflasi 0,44 persen (mtm) dan 0,47 persen (mtm). 

Secara tahunan, inflasi Manado tercatat sebesar 2,16 persen (yoy). Sementara inflasi tahunan Kotamobagu per November 2021 sebesar 1,76 persen (yoy). 

Penurunan tekanan inflasi, terutama di Kotamobagu menyebabkan inflasi di kota tersebut berada di bawah rentang target inflasi 3,0±1 persen (yoy).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut, Arbonas Hutabarat mengatakan, Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau Kembali menjadi penggerak inflasi di Sulut. 

Kelompok tersebut memberikan andil deflasi sebesar 0,57 persen (mtm) dari total deflasi umum Kotamobagu yang sebesar 0,53 persen (mtm). 

Penurunan pada tekanan inflasi pada kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau terutama terjadi pada komoditas-komoditas hortikultura seperti daun bawang, cabai rawit, kangkung, bawang merah dan tomat yang secara keseluruhan memberikan kontribusi deflasi sebesar 0,61 persen (mtm). 

"Penurunan harga diperkirakan terjadi akibat kenaikan produksi baik di wilayah Sulut maupun di luar wilayah Sulut," kata Arbonas kepada Tribunmanado.co.id, Kamis (02/12/2021).

Indikasi kenaikan produksi juga tercermin dari survei pasokan BI di Kotamobagu. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved